Manfaat Mengolah Makanan dengan Air Fryer, Turunkan Berat Badan dan Risiko Penyakit

Manfaat Mengolah Makanan dengan Air Fryer, Turunkan Berat Badan dan Risiko Penyakit
Air Fryer. ©Shutterstock
JATENG | 23 Desember 2021 16:25 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Air fryer merupakan teknologi peralatan masak yang kini sedang tren dan mulai banyak diminati masyarakat. Ini merupakan alat yang digunakan untuk menggoreng makanan dengan memanfaatkan udara panas. Meskipun tidak menggunakan minyak, alat ini dapat menghasilkan makanan yang tak kalah renyah.

Bagi sebagian orang, alat ini dapat memberikan manfaat tersendiri. Di mana air fryer dapat bekerja menghilangkan minyak lemak tinggi dan berkalori tinggi dari proses masak. Makanan yang dihasilkan pun dinilai lebih sehat dari risiko kandungan lemak jahat yang dapat meningkatkan kolesterol.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat mengolah makanan dengan air fryer lain yang bisa Anda dapatkan. Dikatakan, mengolah makanan dengan alat air fryer dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko pembentukan senyawa beracun dalam makanan, hingga aman digunakan sehingga risiko kecelakaan saat memasak lebih terminimalisir.

Bukan hanya aman, air fryer juga dinilai lebih praktis dan menghemat waktu. Dengan begitu, Anda bisa memasak menu makanan atau membuat camilan renyah dengan lebih mudah tanpa harus repot dan menghabiskan waktu lama di dapur.

Meskipun terdapat berbagai macam manfaat, Anda juga perlu memperhatikan beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan alat masak ini. Dilansir dari Medical News Today, berikut kami merangkum beberapa manfaat mengolah makanan dengan air fryer dan efek sampingnya, perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Air Fryer

coocaa perkenalkan air fryer terbaru
©2021 Merdeka.com

Sebelum mengetahui beberapa manfaat mengolah makanan dengan air fryer, perlu dipahami terlebih dahulu sistem kerja dari alat masak ini. Air fryer merupakan alat penggorengan udara yang bekerja dengan mengedarkan udara panas di sekitar makanan untuk menciptakan kerenyahan yang sama seperti ketika menggoreng makanan secara tradisional.

Dalam hal ini, Anda tidak membutuhkan banyak minyak untuk menggoreng makanan hingga renyah. Cukup 1 sendok makan minyak goreng saja, Anda bisa mendapatkan hasil gorengan makanan yang sempurna.

Secara teknis, alat penggorengan udara menggunakan udara panas yang mengandung tetesan minyak halus untuk menghilangkan kelembapan dari makanan. Hasilnya makanan yang diolah bisa mendapatkan tekstur kering dan renyah bahkan dengan kadar lemak yang jauh lebih rendah, dibandingkan jika Anda menggoreng makanan dengan minyak.

Dengan memanfaatkan teknologi ini Anda bisa memangkas penggunaan minyak dari setiap makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bukan hanya itu, makanan yang dikonsumsi juga lebih sehat karena tidak mengandung banyak minyak dan lemak jahat yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengolah Makanan dengan Air Fryer

Setelah mengetahui cara kerjanya, terdapat beberapa manfaat mengolah makanan dengan air fryer yang bisa Anda dapatkan. Beberapa manfaat ini didapatkan tidak lain dari penggunaan minyak goreng yang jauh lebih sedikit, dibandingkan jika Anda mengolah makanan dengan penggorengan manual.

Berikut beberapa manfaat mengolah makanan dengan air fryer yang bisa didapatkan:

  • Membantu menurunkan berat badan

Dengan cara menggoreng makanan dengan air fryer dapat menurunkan kandungan lemak dan kalori dalam makanan yang diolah. Konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kalori yang rendah dapat membantu Anda mengontrol berat badan lebih mudah. 

Selain itu, mampu menurunkan risiko obesitas. Makanan dengan kandungan minyak yang lebih sedikit juga dinilai lebih sehat dan aman dikonsumsi. Manfaat mengolah makanan dengan air fryer membantu menurunkan berat badan. 

  • Mengurangi pembentukan senyawa beracun

Menggoreng makanan dengan air fryer juga dapat mengurangi pembentukan senyawa beracun dalam makanan. Perlu diketahui, menggoreng makanan dalam minyak dapat menyebabkan senyawa berbahaya berkembang, seperti akrilamida.

Senyawa ini terbentuk dalam makanan tertentu selama proses memasak dengan panas tinggi. Jika dikonsumsi, senyawa ini dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperti berbagai jenis kanker hingga penyakit kardiovaskular.

  • Aman dan praktis digunakan

Manfaat mengolah makanan dengan air fryer yang terakhir yaitu aman dan praktis digunakan. Menggoreng makanan dengan wadah besar yang berisi minyak panas memang selalu berisiko pada tumpahan atau cipratan minyak yang dapat mengenai kulit.

Dengan air fryer, Anda tidak perlu khawatir akan risiko ini. Selain itu, alat masak ini juga praktis digunakan dan tidak memakan waktu lama.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Air Fryer

midea air fryer mf tn30a dan hasil masaknya©2021 Merdeka.com

Selain manfaat mengolah makanan dengan air fryer, terdapat beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan. Meskipun memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, namun alat penggorengan ini juga masih melibatkan suhu panas tinggi yang menimbulkan risiko lain.

Berikut beberapa efek samping air fryer yang perlu Anda ketahui.

  • Tidak menjamin diet sehat Meskipun air fryer dapat mengurangi penggunaan minyak goreng yang berisiko pada kesehatan, namun hal ini sama sekali tidak menjamin diet yang sehat. Konsumsi makanan yang diolah dengan suhu tinggi masih memberikan berbagai macam risiko terhadap kesehatan. Diet sehat yang sebenarnya adalah berfokus pada konsumsi makanan alami seperti sayur, buah, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan menghindari makanan yang dioleh dengan proses tinggi.
  • Dapat membentuk senyawa berbahaya lain. Penggorengan air fryer juga dapat membentuk senyawa berbahaya lain, selain akrilamida. Penggorengan di udara tidak hanya berisiko menimbulkan akrilamida, tetapi hidrokarbon aromatik polisiklik dan amina heterosiklik dapat dihasilkan dari semua pemasakan daging dengan suhu tinggi. Senyawa ini memiliki hubungan dengan risiko penyakit kanker yang lebih besar. Ini menjadi salah satu efek samping yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan air fryer.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami