Tempat Wisata di Cianjur Populer, Destinasi Alam Hilangkan Penat

Tempat Wisata di Cianjur Populer, Destinasi Alam Hilangkan Penat
Taman Bunga Nusantara. ©Instagram/tamanbunganusantara
JATENG | 6 Juli 2022 14:23 Reporter : Ayu Isti

Merdeka.com - Seperti diketahui, Indonesia mempunyai beragam wisata alam yang menyajikan pemandangan cantik dan memesona. Mulai dari wisata alam berupa pegunungan, air terjun atau curug, hutan wisata, hingga pemandangan laut yang eksotis. Berbagai wisata alam ini pun tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Salah satu daerah yang memiliki tempat wisata alam menarik adalah Cianjur. Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal dengan berbagai makanan khasnya, seperti laksa Cianjur, manisan dan asinan buah, hingga kue mochi.

Selain itu, Cianjur juga terkenal dengan beberapa objek wisata dengan pemandangan alam yang indah dan menarik. Mulai dari Curug Luhur dan Curug Cikondang dengan air yang jernih, Canopy Trail dan Wana Wisata Pokland dengan sajian pemandangan hutan yang asri, hingga Taman Sakura dan Taman Bunga Nusantara yang Indah.

Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama teman atau keluarga, beberapa tempat wisata di Cianjur berikut bisa menjadi pilihan Anda. Terutama bagi Anda warga Jawa Barat atau DKI Jakarta, tentu ini bisa menjadi rekomendasi liburan jarak dekat untuk menghilangkan lelah dan penat dari aktivitas kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata di Cianjur populer yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cianjur: Curug Luhur dan Curug Cikondang

berlapis curug luhur cigangsa
©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman
  • Curug Luhur

Rekomendasi tempat wisata di Cianjur populer yang pertama, yaitu Curug Luhur. Curug Luhur menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat, bahkan termasuk dalam new hot tourism di Cianjur. Di sini, Anda bisa melihat air terjun asri dengan air yang biru dan jernih.

Tentu Anda bisa menikmati pemandangan sekitar sambil bermain air dan bersantai bersama teman atau keluarga. Anda juga bisa memburu spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan air terjun yang memesona.

Namun, lokasi wisata ini masih tersembunyi, akses menuju lokasi juga belum memadai. Jika tertarik, Anda bisa datang ke lokasi wisata yang terletak di Pamoyanan, Cibinong, Batulawang, Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

  • Curug Cikondang

Tempat wisata di Cianjur populer berikutnya, yaitu Curug Cikondang. Air terjun di Curug Cikondang ini memiliki aliran air yang lebih besar dibanding Curug Luhur. Air terjun ini juga memiliki ketinggian yang lebih tinggi, sehingga dapat menyajikan pemandangan yang lebih megah. Tebing dengan ukiran batuan yang terjal juga membuat aliran air terjun semakin unik dan menarik.

Di sekitar lokasi air terjun, terdapat hamparan sawah bertingkat yang membuat pemandangan alam di sekeliling semakin asri. Tentu ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan untuk melepas rasa lelah dan penat dari padatnya aktivitas harian. Jika tertarik, Anda bisa datang ke lokasi wisata di Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cianjur: Canopy Trail dan Wana Wisata Pokland

taman pinus pokland di cianjur
©2022 dpmptsp.cianjurkab.go.id/Merdeka.com
  • Canopy Trail

Tempat wisata di Cianjur yang menyajikan pemandangan alam tak kalah menarik selanjutnya adalah Canopy Trail. Ini merupakan wisata hutan yang penuh dengan pepohonan tinggi nan rindang. Di sini juga disediakan Canopy Trail membentang sepanjang 130 meter yang menghubungkan empat pohon Rasamala.

Anda bisa berjalan di jembatan ini sambil menikmati pemandangan sekitar yang sejuk dan asri. Bagi Anda yang suka perjalanan menantang, melewati jembatan ini cukup memacu adrenalin Anda karena berada di ketinggian 45 meter dari permukaan. Anda bisa datang ke tempat wisata ini di Jalan Raya Cibodas, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, dengan membayar tiket masuk seharga Rp31.000 per orang.

  • Wana Wisata Pokland

Wana Wisata Pokland juga termasuk salah satu tempat wisata Cianjur populer yang sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata ini menyajikan panorama alam hutan yang indah dengan luas sekitar 30 hektare. Di sini Anda bisa melihat pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang.

Tempat wisata ini juga sering menjadi lokasi perkemahan atau penginapan dengan fasilitas rumah pohon yang unik. Selain itu, Anda yang memiliki hobi motocross dan downhill, trek di tempat wisata ini menarik untuk dicoba.

Anda pun bisa mencoba fasilitas lain yang disediakan seperti naik kuda hingga berbagai spot foto. Jika tertarik, Anda bisa datang ke lokasi wisata di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan membayar tiket masuk Rp6.000 saja per orang.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cianjur: Taman Sakura dan Taman Bunga Nusantara yang Indah

nusantara bogor

© Instagram/petarungtrip

  • Taman Sakura

Bagi Anda yang ingin melihat bunga Sakura, tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Anda bisa mengunjungi Taman Sakura di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Di sini Anda bisa melihat pohon Sakura dengan warna merah muda cerah yang terlihat elok.

Konon, pohon Sakura ini telah ditanam sejak tahun 1971 dan tumbuh dengan baik hingga sekarang. Biasanya bunga Sakura ini akan mekar 2 kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari serta Juli-Agustus.

Selain melihat pohon Sakura, Anda juga bisa melihat fasilitas lain seperti taman lumut, air terjun, air mancur, hingga rumah kaca. Anda cukup membayar Rp9.500 saja per orang untuk menikmati pemandangan di Taman Sakura.

  • Taman Bunga Nusantara 

Tempat wisata di Cianjur terakhir namun tak kalah menarik adalah Taman Bunga Nusantara. Ini disebut sebagai dunia Alice in Wonderland yang ada di Indonesia. Di sini, Anda bisa melihat taman dengan jenis bunga yang berwarna-warni. Beberapa kompleks taman juga dirancang dengan tema dan nuansa yang unik, seperti taman dengan nuansa Mediterranian, Jepang, hingga Bali.

Menarik lagi, terdapat taman labirin yang dibuat dari tanaman pagar dengan rute yang rumit namun menarik. Anda pun bisa bersantai bersama teman atau keluarga di gazebo-gazebo yang telah disediakan. Jika tertarik, Anda bisa berkunjung ke lokasi wisata di Jalan Mariwati Km7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Taman ini buka setiap hati pukul 8 hingga 5 sore dengan tiket masuk seharga Rp30.000 per orang.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini