8 Contoh Pelestarian Lingkungan dan Penjelasannya, Perlu Diketahui

8 Contoh Pelestarian Lingkungan dan Penjelasannya, Perlu Diketahui
ilustrasi sungai. ©2021 Merdeka.com/pixabay
JATIM | 27 Mei 2022 06:01 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Contoh pelestarian lingkungan penting untuk diketahui setiap orang. Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab setiap individu. Sudah selayaknya manusia senantiasa melakukan kembali bagi lingkungan alam yang telah memberi begitu banyak manfaat di kehidupan sehari-hari.

Ada banyak contoh pelestarian yang bisa dilakukan setiap hari, seperti seperti mengontrol populasi manusia, mengontrol penggunaan sumber daya alam, hingga melindungi sumber air. Hanya dengan tindakan seperti ini, lingkungan akan tetap lestari dan dapat meminimalisir bencana alam.

Contoh pelestarian lingkungan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Berikut beberapa contoh pelestarian lingkungan dan penjelasannya yang merdeka.com lansir dari media.neliti.com:

2 dari 3 halaman

Menggunakan Produk Daur Ulang

009 tantri setyorini

© iStock

Salah satu contoh pelestarian adalah menggunakan produk daur ulang. Daur ulang menjadi salah satu bentuk strategi pengelolaan sampah padat atas kegiatan pengumpulan, pemilahan, dan pemrosesan.

Selain dapat menjaga kelestarian lingkungan, menggunakan produk daur ulang juga bisa menghemat sumber daya serta menghasilkan uang. Saat ini, tidak sedikit barang yang terbuat dari produk daur ulang yang bisa dengan mudah kita dapatkan di pasaran. Dengan membeli dan menggunakannya, kita sudah turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Hemat Air

Contoh pelestarian lingkungan selanjutnya, yaitu hemat penggunaan air. Penggunaan air secara berlebihan bisa mengancam makhluk hidup. Untuk itu, ada baiknya untuk mulai menghemat penggunaan air.

Gunakan air secara bijak dan tidak berlebihan. Sebagai contoh, memilih teknologi pemancar air untuk mandi dan mencuci pakaian jika sudah menumpuk.

Melindungi Air

Contoh pelestarian lingkungan lainnya, yaitu melindungi air. Berbagai macam aktivitas manusia dapat menimbulkan kerusakan lingkungan, termasuk pencemaran laut.

Sebagaimana kita tahu, ekosistem laut yang tercemar dapat memengaruhi populasi hewan dan lingkungan bawah laut. Misalnya, aktivitas nelayan yang menggunakan bahan peledak atau kimia, ini bisa berdampak buruk pada terumbu karang di laut yang menjadi rumah bagi hewan laut.

Penghijauan

Penghijauan menjadi salah satu contoh pelestarian lingkungan yang sangat efektif. Tanaman hijau di sekitar rumah berperan penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terhindar dari banjir.

Tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah. Sehingga, lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah, dapat melancarkan penyerapan air hujan, yang akan menjauhkan lingkungan dari banjir.

Sementara itu, jika terjadi penebangan pohon besar-besaran, dapat berpotensi memicu terjadinya banjir bandang. Selain itu, penebangan hutan yang dilakukan secara liar juga bisa meningkatkan risiko tanah longsor.

3 dari 3 halaman

Mengelola Sampah

ilustrasi sampah plastik
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Seperti yang sudah diketahui, sampai saat ini penumpukan sampah di Indonesia masih menjadi masalah utama adanya pencemaran lingkungan. Bahkan, Indonesia dijuluki sebagai pembuang sampah plastik ke laut terbesar di dunia setelah China. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai warga negara harus mengetahui jenis sampah dan cara pengelolaannya yang baik.

Adapun jenis sampah berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua, yaitu sampah anorganik dan organik. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah, botol, kertas, plastik mainan, dan gelas minuman. Jenis sampah ini juga bisa disebut sebagai limbah yang dihasilkan dari bahan-bahan yang bukan berasal dari alam (bahan hayati), melainkan barang yang buatan manusia.

Sedangkan, sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang biasa dijadikan pupuk kompos. Jenis sampah ini berlawanan dengan sampah anorganik karena sangat mudah membusuk. Beberapa contoh jenis sampah organik antara lain sisa makanan, sayuran, daun-daun, dan lain sebagainya.

Tidak Melakukan Illegal Logging

Sebagaimana kita tahu, pohon atau tumbuhan berperan penting untuk meresap air yang jatuh ke tanah. Jika terjadi penebangan pohon besar-besaran, dapat berpotensi memicu terjadinya banjir. Selain itu, penebangan hutan yang dilakukan secara liar juga bisa meningkatkan risiko tanah longsor.

Bencana longsor terjadi karena tidak mempunyai tanah untuk menahan beban dari air yang terus menerus menerpa. Kondisi ini akan semakin parah jika lokasinya berada di sekitar tebing yang curam.

Meminimalisir Penggunaan Kertas

Contoh kelestarian lingkungan lainnya, yaitu mengurangi penggunaan kertas. Saat ini, kertas menjadi salah satu kebutuhan yang tak terhindarkan. Dampaknya, banyak terjadi penebangan pohon sebagai bahan baku produksi kertas.

Untuk itu, sebaiknya segara beralih dari kertas. Kurangi penggunaan kertas secara berlebihan dalam kehidupan sehari-hari.

Hindari Buang Sampah di Laut

Contoh pelestarian lingkungan selanjutnya, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan membuang sampah yang tidak pada tempatnya pasti akan memberi dampak buruk bagi lingkungan.

Tak hanya menyebabkan lingkungan menjadi kotor, membuang sampah sembarangan juga bisa menghambat aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir bandang. Ketika sampah-sampah tersangkut, aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan semakin membesar. Hal inilah yang berpotensi menimbulkan tekanan sangat besar. Dengan membuang sampah pada tempatnya, hal ini bisa mencegah risiko banjir.

(mdk/jen)

Baca juga:
Mengenal Pencemaran Lingkungan Hidup, Berikut Penyebab dan Jenisnya
Kiat Melestarikan Sumber Daya Alam yang Bisa Dimulai dari Diri Sendiri
Ramah Lingkungan Artinya Konsep Berkelanjutan Tanpa Merusak Alam, Ini Penjelasannya
Pentingnya Melestarikan Lingkungan Hidup, Kenali Cara dan Metode yang Bisa Dilakukan
Kisah Inspiratif Warga Depok Tampung Sampah dari Warga, Dikelola untuk Bantu Sesama
Pencegahan Kerusakan Lingkungan yang Dapat Dilakukan, Pahami Definisi & Peraturannya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami