Ketahui Cara Diet OCD yang Benar dan Efektif Sesuai Aturannya

Ketahui Cara Diet OCD yang Benar dan Efektif Sesuai Aturannya
Ilustrasi diet. ©Shutterstock/Kletr
JATIM | 26 April 2020 10:00 Reporter : Edelweis Lararenjana

Merdeka.com - Banyak sekali jenis diet yang beredar di luar sana. Masing-masing orang mengadopsi jenis diet yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuhnya. Diet OCD yang diadaptasi dari Intermittent Fasting adalah salah satu diet populer yang banyak dipraktikkan oleh orang-orang yang bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Cara diet OCD dilakukan dengan metode puasa yang disesuaikan dengan aturan dan waktu yang tepat. Cara diet ini menggunakan metode puasa bersistem jendela makan. Masing-masing jendela makan memiliki durasi waktu kapan saja Anda diperbolehkan makan. Terdapat beberapa jenis waktu makan, yang bisa disesuaikan dengan pilihan Anda.

Berikut penjelasan cara diet OCD berdasarkan jendela makannya, yang dihimpun dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

1. Jendela Makan Pertama - 16:8

Cara diet OCD menggunakan sistem jendela makan yang pertama ini adalah tahap yang paling awal bagi pemula. Anda dapat mencoba 8 jam jendela makan dalam satu hari (24 jam) lalu berpuasa selama 16 jam sisanya.

Pada jendela makan yang pertama ini, Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman apapun sesuka Anda selama 8 jam tersebut. Harap dicatat bahwa makanan yang dikonsumsi tetap harus dalam batas wajar.

Setelah waktu 8 jam berakhir, Anda tidak dapat lagi makan dan minum apapun kecuali air putih. Direkomendasikan untuk mengatur jadwal jendela makan secara teratur dalam dua minggu.

Contoh, ketika Anda memulai diet OCD jam 7 pagi, maka Anda bebas mengonsumsi makanan dan minuman apapun hingga jam 3 sore. Setelah jendela makan berakhir di jam3 sore, Anda harus memberlakukan puasa dan hanya boleh minum air putih saja hingga besok jam 7 pagi kembali.

3 dari 6 halaman

2. Jendela Makan Kedua - 18:6

Cara diet OCD pada tahap yang kedua ini, Anda akan dihadapkan pada sedikit perubahan waktu dalam menjalani diet. Terdapat pengurangan durasi waktu makan dari yang semula 8 jam, turun menjadi 6 jam saja. Namun tetap, Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman apa saja selama 6 jam ini dalam batas wajar. Setelahnya, Anda haru berpuasa selama 18 jam.

7 resep makanan sehat dengan gizi tinggi enak dan mudah dibuat©2020 Merdeka.com

Contoh, ketika Anda memulai jendela makan pada jam 10 pagi maka Anda memiliki batas waktu hingga jam 4 sore untuk makan dan minum. Setelah jam 4 sore, Anda harus berpuasa. Seperti yang terjadi pada jendela makan pertama, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi apa pun kecuali air putih selepas jam 4 sore.

Dan puasa dilakukan hingga pukul 10 keesokan harinya. Anda disarankan untuk mengaplikasikan jendela makan pertama selama dua minggu terlebih dahulu sebelum memulai jendela makan kedua ini.

4 dari 6 halaman

3. Jendela Makan Ketiga - 20:4

Cara diet OCD tahap selanjutnya adalah jendela makan 20:4. Ketika tubuuh Anda telah mampu menyesuaikan diri, Anda dapat berpindah ke tahap tiga ini.

ilustrasi makanan di pesawat©Shutterstock

Di tahap ini jendela makan menjadi lebih dipersempit. Hanya diperbolehkan makan selama 4 jam dalam sehari. Sisa 20 jamnya digunakan untuk berpuasa.

Cara diet OCD tahap tiga masih tidak jauh berbeda dari tahap satu dan tahap dua. Yang berbeda-beda hanyalah durasi waktu jendela makannya saja.

5 dari 6 halaman

4. Jendela Makan Keempat

Pada jendela makan yang terakhir ini Anda diharuskan untuk berpuasa selama 24 jam. Ini adalah tahapan paling ekstrim dari diet OCD sehingga, bagi Anda yang belum mapu atau belum lolos melewati tahap-tahap jendela makan sebelumnya sebaiknya jangan mempraktikan tahan keempat ini. 

Pada tahap ini, Anda hanya akan makan satu kali dalam sehari dengan waktu yang dapat Anda tenttukan sendiri. Contoh, Anda memilih makan pada pukul 12 siang, maka Anda dapat makan lagi pada pukul 12 siang juga keesokan harinya.

6 dari 6 halaman

Makanan yang Dikonsumsi Selama Diet OCD

cara diet sehat©2020 Merdeka.com

Setelah mengetahui cara diet OCD seperti yang dijelaskan di atas, Anda tertarik dan tertantang untuk mengaplikasikannya dapat memperhatikan beberapa catatan berikut ini. 

  • Anda disarankan untuk harus selalu memerhatikan asupan nutrisi pada makanan yang Anda konsumsi di setiap jendela makan. Secara umumnya, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Karbohidrat selain berfungsi sebagai sumber energi, juga dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh.
  • Tubuh Anda juga membutuhkan asupan protein yang cukup untuk menjaga massa otot. Asupan protein bisa didapatkan dari bahan makanan seperti telur, daging hewan, tahu, atau tempe.
  • Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh Anda. Pastikan Anda juga mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan pada setiap jendela makan diet OCD Anda. Mengonsumsi suplemen dan multivitamin juga diperbolehkan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi.
  • Yang paling penting dari semuanya adalah konsumsi air mineral. Usahakan jangan sampai tubuh kekurangan cairan dan menjadi dehidrasi selama Anda menjalani cara diet OCD ini. Selalu minum 1-2 gelas air setiap jam. Dan penting juga untuk menyempatkan diri melakukan aktivitas ringan saat diet agar tubuh tidak terasa lemas.
  • Bagi Anda penderita diabetes, memiliki riwayat gangguan makan, memiliki berat badan yang kurang (underweight), memiliki tekanan darah rendah, memiliki riwayat amenorrhea atau sedang hamil, menyusui, atau berusaha hamil, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum menjalankan diet OCD 
  • (mdk/edl)

    Baca juga:
    5 Makanan yang Tak Bakal Pengaruhi Berat Badan Walau Banyak Dikonsumsi
    Anti Gemuk Saat Work From Home, Begini Cara Mudahnya
    5 Risiko Akibat Kekurangan Karbohidrat, Waspadai Bahayanya
    7 Manfaat Kurma bagi Tubuh, Cocok Sebagai Menu Diet
    10 Jenis Karbohidrat untuk Diet, Bisa Bikin Tubuh Langsing

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami