Pelayanan Pendidikan Jatim Terbaik di Indonesia, Ternyata Ini Kuncinya

Pelayanan Pendidikan Jatim Terbaik di Indonesia, Ternyata Ini Kuncinya
Ilustrasi sekolah Arab Saudi. rt.com ©2014 Merdeka.com
JATIM | 8 Oktober 2021 08:15 Reporter : Rizka Nur Laily M

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan kinerja pendidikan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) tertinggi se-Indonesia berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintah.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku telah menerima laporan yang dirilis Kemendagri pada September 2021. Laporan tersebut menunjukkan bahwa indeks kinerja pendidikan Jatim mencapai 4,2308 poin, lebih unggul dibanding 33 provinsi lain di Indonesia.

"Sebagai Gubernur, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak baik jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota maupun masyarakat, serta para pelajar, tenaga pendidik dan kependidikan yang telah bekerja keras untuk menjaga marwah pendidikan di Jawa Timur,” ujar Khofifah dalam siaran persnya di Surabaya, Kamis (7/10/2021).

2 dari 3 halaman

Membanggakan

ilustrasi sekolah tatap muka di masa pandemi covid 19
©2021 Merdeka.com/liputan6.com

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu mengungkapkan rasa syukurnya. Setelah berbagai program di bidang pendidikan di provinsi tersebut mendapatkan apresiasi yang membanggakan.

"Apalagi pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama masa pandemi virus Corona atau Covid-19," lanjutnya, mengutip dari ANTARA.

Kepala Sub Direktorat Evaluasi Kinerja Wilayah III Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Imelda membenarkan bahwa indeks kinerja urusan pendidikan Jatim berada di atas rata-rata provinsi lain di Indonesia.

"Hal ini perlu dipertahankan oleh Gubernur melalui perangkat daerah terkait untuk memastikan kinerja pelayanan dasar di bidang pendidikan dapat terlaksana berdasarkan standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku," terangnya.

3 dari 3 halaman

Prestasi

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi menyatakan bahwa capaian kinerja pendidikan ini melengkapi berbagai prestasi yang telah diraih Jatim selama ini.

"Sebelumnya Jatim menduduki peringkat tertinggi di Indonesia yang siswa-siswinya diterima di perguruan tinggi negeri baik melalui mekanisme seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri maupun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dari jalur reguler dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah di Tahun 2021," ungkapnya.

(mdk/rka)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami