Wisata Bangkalan Terbaru dan Populer, Bisa Jadi Destinasi Liburan

Wisata Bangkalan Terbaru dan Populer, Bisa Jadi Destinasi Liburan
Bukit Jaddih. ©2020 Merdeka.com/Instagram @maduraholic
JATIM | 14 Mei 2022 14:14 Reporter : Ayu Isti

Merdeka.com - Mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke berbagai tempat wisata memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain dapat menikmati kualitas waktu bersama keluarga atau teman-teman, aktivitas liburan juga bisa membantu merelaksasi tubuh dari rutinitas keseharian yang padat. Dengan begitu, tubuh dan pikiran bisa kembali bugar dan siap kembali pada aktivitas sehari-hari.

Tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar negeri, Indonesia mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya di daerah Bangkalan. Bangkalan merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Madura, Jawa Timur, atau juga disebut sebagai Surabaya Utara karena letaknya bersebelahan dengan kota Surabaya.

Sejak Jembatan Suramadu diresmikan, Bangkalan menjadi gerbang utama dari Pulau Madura dan termasuk salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Di sini, Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang menyajikan pemandangan alam indah nan memesona. Mulai dari bukit, pantai, hingga hutan mangrove.

Bukan hanya itu, Bangkalan juga memiliki tempat wisata berupa mercusuar, di mana Anda bisa melihat keindahan kota Bangkalan dari atas ketinggian. Beberapa wisata Bangkalan ini termasuk destinasi populer yang banyak diminati pengunjung.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Jawa Timur, berbagai tempat wisata Bangkalan berikut bisa menjadi pilihan destinasi Anda. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa wisata Bangkalan terbaru dan populer yang bisa Anda kunjungi.

2 dari 4 halaman

Wisata Bangkalan Terbaru: Bukit Kapur Arosbaya dan Bukit Jaddih

bukit kapur arosbaya
©2021 Merdeka.com/Kaitovid
  • Bukit Kapur Arosbaya

Tempat wisata Bangkalan terbaru dan populer yang pertama adalah Bukit Kapur Arosbaya. Ini merupakan bukit area pertambangan kapur yang telah dihentikan, kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata bukit kapur untuk masyarakat umum.

Berbeda dengan wisata bukit kapur lain yang khas dengan nuansa putih, di sini Anda justru melihat bukit kapur yang berwarna kecoklatan lengkap dengan pahatan-pahatan unik bekas pertambangan. Tentu Anda bisa berburu foto menarik di lokasi wisata ini.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke lokasi Bukit Kapur Arosbaya yang terletak di Buduran, Arosbaya, Bangkalan, Jawa Timur. Tak perlu khawatir, ini termasuk tempat wisata yang murah meriah, di mana Anda cukup membayar biaya parkir 3000 rupiah untuk sepeda motor dan 20.000 rupiah untuk kendaraan roda empat, serta tiket masuk seharga 5000 rupiah saja.

  • Bukit Jaddih

Tempat wisata Bangkalan rekomendasi berikutnya adalah Bukit Jaddih. Tak kalah menarik dengan Bukit Kapur Arosbaya, Bukit Jaddih menyuguhkan pemandangan bukit kapur eksotis dengan nuansa putih bersih. Sebelumnya, ini juga merupakan lokasi pertambangan yang kemudian dikelola menjadi objek wisata menarik.

Jika Anda mendapatkan kesan berantakan dan alami di Bukit Kapur Arosbaya, di sini Anda bisa melihat area yang ditata rapi oleh pengelola. Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti perahu wisata, area camping, water park, gazebo, hingga berbagai wahana permainan menarik lainnya. Tempat wisata ini sangat cocok menjadi destinasi liburan Anda bersama keluarga.

3 dari 4 halaman

Wisata Bangkalan Terbaru: Pantai Siring Kemuning dan Labuhan Mangrove Education Park

mengunjungi lubuk kertang wisata hutan mangrove di langkat yang terkenal
©2021 Merdeka.com
  • Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning juga termasuk salah satu wisata Bangkalan populer yang bisa Anda kunjungi. Di sini, Anda bisa melihat pantai berpasir putih dengan air biru jernih yang eksotis. Ini termasuk pantai yang cocok dijadikan tujuan untuk berenang atau bermain air, karena ombak di pantai ini cukup tenang.

Selain berenang dan bermain air, Anda juga bisa sekedar duduk di tepian pantai menikmati sore hari menjelang matahari terbenam. Jika tertarik berkunjung ke pantai ini, Anda bisa mengambil jalur utara setelah masuk ke Pulau Madura. Melewati jalur ini, Anda bisa menuju Desa Mecajah, Tanjung Bumi, Bangkalan untuk sampai di lokasi pantai.

  • Labuhan Mangrove Education Park

Wisata Bangkalan populer selanjutnya adalah Labuhan Mangrove Education Park. Sesuai dengan namanya, ini merupakan hutan mangrove yang ditata rapi dan dikelola dengan baik oleh pemerintah dan dibuka sebagai tempat wisata untuk umum.

Jika berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak hanya melihat-lihat hutan saja, tetapi juga didampingi pihak pengelola yang akan memberikan informasi dan edukasi mengenai hutan mangrove. Setelah itu, Anda bisa berkeliling, berfoto, atau bermain touch pool, dan menjelajah hutan mangrove menggunakan perahu kuno.

Di sini juga tersedia area camping yang bisa Anda gunakan untuk berkemah. Jika tertarik, Anda bisa datang ke lokasi hutan mangrove yang terletak di Desa Labuhan, Sepuluh, Bangkalan, Jawa Timur.

4 dari 4 halaman

Wisata Bangkalan Terbaru: Pantai Rongkang dan Mercusuar Sembilangan

mercusuar cikoneng

©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

  • Pantai Rongkang

Jika masih ingin mengunjungi pantai eksotis di daerah Bangkalan, Pantai Rongkang bisa menjadi pilihan destinasi Anda. Pantai ini terletak di kecamatan Kwanyar Barat, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Tepatnya, 35 km ke selatan dari pusat Kota Bangkalan.

Tak jauh berbeda seperti objek wisata pantai lainnya, Anda bisa melihat laut pantai luas dengan bukit bebatuan terjal yang unik. Hal yang menarik, Anda bisa berburu foto dengan latar belakang Jembatan Suramadu yang terlihat jelas dari pantai ini. Tentu ini menjadi destinasi menarik bagi Anda yang ingin menikmati bersantai bersama teman sambil menambah koleksi foto untuk media sosial.

  • Mercusuar Sembilangan

Tempat wisata Bangkalan terbaru dan populer rekomendasi terakhir namun tak kalah menarik adalah Mercusuar Sembilangan. Mercusuar ini terletak di daerah Sembilangan, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Ini termasuk situs bersejarah dari zaman penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh dan dirawat dengan baik oleh pemerintah setempat.

Tak heran, jika mercusuar ini kini dijadikan objek wisata menarik yang dapat memberikan edukasi tentang nilai-nilai sejarah bagi setiap pengunjungnya. Selain itu, Anda juga bisa naik ke atas menara untuk melihat pemandangan dari ketinggian dengan lebih jelas. (mdk/ayi)

Baca juga:
6 Tempat Wisata Kota Malang Terpopuler, Wajib Dikunjungi
Heboh Film KKN di Desa Penari, Ini 5 Wisata Mistis Banyuwangi yang Diduga Lokasi Asli
Kisah Sukses Pengusaha Tahu Takwa Kediri, Banjir Uang saat Lebaran
Libur Lebaran, Khofifah jadi 'Tour Guide' buat Cucunya di Jatim Park 3
5 Wisata Ngawi yang Murah dan Instagramable, Lengkap dengan Harga Tiket Masuknya
Fakta Terbaru Wisata Kuliner di Gerbong Kereta Madiun, Desainnya Unik dan Artistik

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami