Siasat Honda Atasi Masalah Pasokan All New HR-V

Siasat Honda Atasi Masalah Pasokan All New HR-V
All New Honda HR-V di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok.. ©2022 Merdeka.com
OTOMOTIF | 24 Mei 2022 18:26 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Honda Indonesia menerima pemesanan sebanyak 9.032 unit All New HR-V per Jumat (20/5). Dari pemesanan tersebut, sekitar 2.000 unit sudah didistribusikan kepada konsumennya.

Yusak Billy, Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM), menjelaskan ada sekitar 6.000 konsumen belum mendapat unit All New HR-V dengan masa inden sekitar 2-3 bulan kecuali model dua warna yang butuh waktu lebih lama.

Gambarannya, yang memesan All New HR-V pada bulan ini akan mendapat unitnya pada Agustus atau September.

"Inden All New HR-V sekitar 3 bulan karena pasokan dari pabrik Honda juga belum optimal akibat terbatasnya pasokan cip," ujar Billy di sela media test drive All New HR-V di Sirkuit Mandalika, Lombok, kemarin.

Namun, Honda tak tinggal diam. HPM meminta kepada prinsipalnya di Jepang untuk menambah pasokan cip unit All New HR-V. Saat ini pasokan cip per bulan 1.500 unit. Dan pihak Honda Jepang menjanjikan menambah pasokan cip ke Indonesia.

"Prinsipal sudah janji menambah pasokan cip jadi 1.700 unit pada Mei ini. Kemudian pada Juni akan bertambah menjadi 2.000 unit dan 3.000 unit pada Juli. Tujuannya supaya bisa mempercepat produksi sehingga pasokan ke konsumen lebih cepat pula," ujar Billy.

Sebagai model global, Honda HR-V juga diproduksi di banyak negara selain Indonesia seperti Malaysia dan Jepang. Sehingga pasokan cip memang menjadi sangat penting. Hingga Desember 2021, Honda HR-V mencapai penjualan 3,5 juta unit di seluruh dunia.

Selain menambah pasokan cip di pabrik, Honda juga melakukan strategi lain untuk menambah pasokan unit All New HR-V. Antara lain strategi multisources vendor. Saat ini tim riset dan pengembangan (R&D) HPM sedang studi kapasitas vendor dan hasilnya. Tim R&D pula yang nanti mengetes produk dari vendor tersebut.

"Kami targetkan multisources ini direalisasikan segera untuk All New HR-V," pungkas Billy.

2 dari 2 halaman

SUV Kompak Canggih

all new honda hr v di sirkuit internasional mandalika lombok
©2022 Merdeka.com

All New Honda HR-V punya empat varian di pasar Indonesia. Varian tertinggi adalah All New HR-V Turbo RS seharga Rp 513,9 juta, sedangkan varian terendahnya All New HR-V S CVT Rp 362,9 juta (on the road Jakarta).

Mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 ps pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. All New Honda HR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System dan Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signa.

All New Honda HR-V diluncurkan di Indonesia pada 23 Maret tahun ini. Sebelum diluncurkan di Indonesia, generasi kedua Honda HR-V telah diperkenalkan di Jepang, Thailand dan Eropa dengan respon yang sangat baik dari konsumen. Bahkan dalam kurun waktu sebulan sejak diluncurkan di Jepang, Honda HR-V generasi kedua telah mencatatkan penjualan lebih dari 50.000 unit. 

Generasi kedua SUV Honda ini tampil sangat berbeda dengan mengusung konsep “Exceptionally Impressive” yang dikembangkan sebagai SUV unik dan memukau untuk mendukung gaya hidup konsumen melalui desain dan teknologi canggih.

Dari sisi interior, All New Honda HR-V semakin menawan dengan 4,2 inci Interactive TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi berkendara, seperti Honda SENSING, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan, dan konsumsi bahan bakar.

All New Honda HR-V juga dilengkapi dengan Shift Knob berbalut kulit, One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C. All New Honda HR-V terasa lebih nyaman dengan material berkualitas di dalam kabin yang didominasi warna hitam dengan jok yang dipadukan dengan kulit serta dilengkapi Rear A/C Ventilation, Air Diffusion Outlet dengan 3 mode pengaturan udara, yaitu normal, diffusion dan closed, serta Panoramic Glass Roof.

Teknologi keselamatan canggih Honda SENSING juga disematkan pada All New Honda HR-V. Teknologi Honda SENSING pada All New Honda HR-V meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

All New Honda HR-V telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan standar tinggi lain, seperti Honda LaneWatch, 4 Airbags, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder untuk setiap baris kursi.

(mdk/sya)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini