4 Daerah di Banten Masuk Zona Merah, Ruang ICU dan Isolasi Penuh

4 Daerah di Banten Masuk Zona Merah, Ruang ICU dan Isolasi Penuh
PERISTIWA | 1 Desember 2020 09:19 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Empat daerah di wilayah Provinsi Banten masuk pada zona merah penyebaran Covid-19. Di antaranya Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, belum disiplinnya masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid19, menjadi faktor penyebab empat daerah di Banten masuk zona merah. Diperburuk perilaku masyarakat yang berkerumun, sehingga meningkatkan resiko penularan.

"Masyarakat semakin lengah dan mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Seperti tak memiliki empati, padahal telah ada banyak korban kasus Covid-19. Sampai ruang isolasi dan ICU Covid RS dan tempat karantinapun sudah penuh," katanya, Selasa (1/12).

Ati mengungkapkan, banyak ditemukan masyarakat yang takut melakukan tes Corona ketika sudah memiliki gejala terjangkit Covid-19.

"Padahal, jika masyarakat dites dan hasilnya positif, maka akan dilakukan isolasi untuk mencegah penularan kepada orang lain," ujarnya.

Dia berharap masyarakat dapat berkolaborasi bersama, agar dapat menekan angka penularan.

"Jadi kami mengimbau agar masyarakat betul-betul bisa bekerja sama dengan pemerintah. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, karena kita membutuhkan kolaborasi bersama dengan masyarakat untuk dapat menekan angka penularan," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Update 1 Desember, 2.315 Pasien Covid Dirawat di RSD Wisma Atlet
KPAI Ingatkan Pembelajaran Tatap Muka Jangan Sampai Jadi Kluster Baru
KPU Medan Tak Layani Hak Pilih Pasien Covid-19 Kategori Berat
Doa dan Selawat Bersama untuk Kesembuhan Said Aqil Siradj
Anies Sebut Pasca Libur Panjang Penyebaran Covid-19 Kluster Keluarga Meningkat
Luhut Minta Jangan Ada Lagi Kerumunan dengan Alasan Apapun

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami