Anak RK Masih Hilang, Korban di Sungai Aare Biasanya Ditemukan dalam 3 Pekan

Anak RK Masih Hilang, Korban di Sungai Aare Biasanya Ditemukan dalam 3 Pekan
Emmeril Khan Anak Ridwan Kamil. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 28 Mei 2022 17:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad mengatakan, pencarian korban hilang karena hanyut terbawa arus Sungai Aare umumnya dapat ditemukan. Namun demikian, waktunya yang berbeda-beda bergantung pada situasi dan kondisi cuaca.

"Tiga hari pertama sering ditemukan. Tapi, mayoritas kejadian 99,9% ditemukan 3 minggu, itu menurut Tim Search and Rescue (SAR) berdasar pengalaman mereka selama bertahun-tahun," kata Muliaman saat jumpa pers daring, Sabtu (28/5).

Hal ini berkaitan dengan proses pencarian putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), Emmeril Khan (Eril) yang hilang terseret arus Sungai Aare sejak 27 Mei lalu.

2 dari 3 halaman

Muliaman menambahkan, derasnya arus dan keruhnya air menjadi kendala petugas SAR. Dia berharap, dalam satu dan dua hari ke depan, cuaca cerah. Sehingga memudahkan proses pencarian.

"Kendalanya sangat alami, sehingga 1-2 hari ini semoga cerah agar memudahkan pencarian," jelas dia.

Selain itu, menurut Muliaman, pencarian di akhir pekan bisa lebih mudah. Sebab banyaknya wisatawan dapat menambah probalitas ditemukannya Eril.

3 dari 3 halaman

"Hari Sabtu dan Minggu ini probabilitas lebih tinggi karena banyak orang (wisata) ke sungai jadi masyarakat bisa membantu pencarian jadi kita terus berdoa," terang Muliaman.

Ridwan Kamil dan istrinya saat ini tengah berada di Bern, Swiss. Mereka memantau langsung proses pencarian putra sulungnya itu. Eril dan keluarga tengah berada di Swiss karena hendak mencari sekolah S2.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com

(mdk/rnd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami