Beredar Video Ambulans di Makassar Kena Macet, Bayi Meninggal saat Perjalanan ke RS

Beredar Video Ambulans di Makassar Kena Macet, Bayi Meninggal saat Perjalanan ke RS
ambulans terjebak macet. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 17 Januari 2022 16:34 Reporter : Ihwan Fajar

Merdeka.com - Sebuah video seorang sopir ambulans di Kota Makassar yang membawa pasien seorang bayi meninggal dunia saat perjalanan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya. Bayi tersebut tidak tertolong karena ambulans terjebak macet di sejumlah titik jalan protokol Kota Makassar.

Video tersebut kini viral dan menjadi perhatian warga Makassar. Dalam video tersebut, sopir ambulans mengatakan pihaknya membawa pasien bayi yang dalam kondisi kritis dan harus dirujuk ke RSUD Daya.

"Kami tidak dibukakan jalan, tidak ada tim escort (pengawal). Pasien saya meninggal di atas mobil pengantaran dari Jalan Talasalapang menuju RS Daya," ujar sopir dalam video tersebut.

Dalam video tersebut, sopir juga memperlihatkan kesedihan ibu dari bayi tersebut. Dalam mobil ambulans tersebut, terlihat dua orang laki-laki dan seorang perempuan yang menggendong bayinya.

Menanggapi video tersebut, Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, Ajun Komisaris Besar Erwin Syah mengatakan pihaknya masih mencari tahu sopir ambulans dalam video tersebut. Hal tersebut, untuk memastikan kebenaran terkait narasi dalam video tersebut.

"Anggota sedang berupaya untuk mencari tahu mobil dan driver ambulans yang digunakan supaya bisa konfirmasi langsung," ujarnya kepada wartawan, Senin (17/1).

Meski demikian, Erwin mengaku menyayangkan sopir tidak membawa pasien bayi tersebut ke rumah sakit terdekat. Apalagi jarak rumah dan RSUD Daya cukup jauh.

"Sopir ambulans seharusnya bisa berinisiatif untuk membawa pasien ke rumah sakit terdekat, ketimbang harus memaksakan diri melanjutkan perjalanan ke RS yang lebih jauh. Sehingga pasien bisa segera tertolong secara medis," tuturnya.

Ia pun meminta kepada warga agar melapor kepada pihak kepolisian jika ingin mendapatkan pengawalan dalam kondisi darurat. Ia menegaskan polisi akan melakukan pengawalan sampai ke rumah sakit.

"Penyedia jasa ambulans, pasien, rumah sakit dan lain-lain, agar bisa langsung komunikasi dengan pihak kepolisian untuk disiapkan pengawalan secara gratis," ucapnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Viral Ojol Pakai Sepeda Ontel di Karawang Sampai Dicari Kapolres, Begini Faktanya
Daftar Kendaraan Prioritas di Jalan, Rombongan Presiden Jokowi Saja Minggir
Momen Rombongan Jokowi Minggir & Beri Jalan Ambulans buat Melintas, Ini Videonya
Pengendara Motor Ditilang Karena Kawal Ambulans, Begini Penjelasan Polisi
Viral Video Pemotor Ditilang saat Buka Jalan Ambulans, Begini Penjelasan Polisi
Sejumlah Ambulans Didonasikan untuk Bantu Penanganan Covid-19 di Daerah Terpencil

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami