Cegah Omicron, Bupati Tangerang Larang ASN Pergi ke Luar Negeri

Cegah Omicron, Bupati Tangerang Larang ASN Pergi ke Luar Negeri
Virus Corona. ©2020 Merdeka.com/who.int
NEWS | 29 Januari 2022 04:03 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Tangerang melarang melarang aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahannya melakukan perjalanan ke luar negeri. Kebijakan ini guna mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melarang ASN bepergian atau berlibur ke luar negeri yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor : 800/213-BKPSDM tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Negeri Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Masa Pandemi Corona Virus Diserse 2019 (COVID-19) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

"Aturan ini ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Kegiatan perjalanan di masa pandemi dinilai berpotensi meningkatkan penularan serta adanya peningkatan kasus," katanya.

Dalam larangan itu juga terdapat pengecualian seperti adanya perjalanan dinas luar negeri (PDLN) dengan catatan memperoleh surat tugas yang ditandatangani oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang berwenang.

"Kalaupun ada PDLN, pegawai harus mengikuti aturan yang ada. Kita wajibkan untuk mematuhi kebijakan pelaksanaan karantina dan kewajiban pemeriksaan Covid-19," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Meski begitu, dia juga mengingatkan kepada ASN yang tetap harus melaksanakan PDLN agar tetap mematuhi protokol kesehatan perjalanan ke luar negeri baik yang ditetapkan oleh satuan tugas ataupun kementerian perhubungan.

"Sanksinya jelas, hukuman disiplin yang sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," terangnya.

Zaki juga mengimbau kepala perangkat daerah dan juga camat di lingkungan Pemkab Tangerang, untuk menetapkan pengaturan teknis internal yang mengacu pada surat edaran.

Baca juga:
Jokowi Ingin Masyarakat Gunakan Layanan Telemedicine untuk Kurangi Beban RS
Wagub DKI Sebut Peningkatan BOR RS Rujukan Covid Didominasi OTG
Kasus Covid-19 Meningkat, Jokowi Imbau Masyarakat Tidak Panik & Kurangi Aktivitas
Jokowi Minta Pasien Omicron Tak Bergejala Isolasi Mandiri di Rumah 5 Hari
Update Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran 28 Januari 2022
Jokowi Perkirakan Kasus Omicron Masih Terus Meningkat Dalam Beberapa Pekan Kedepan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami