Dokter Tirta: Covid-19 Tak Bisa Hilang Seperti TBC, DBD dan HIV

Dokter Tirta: Covid-19 Tak Bisa Hilang Seperti TBC, DBD dan HIV
PERISTIWA | 27 Mei 2020 12:32 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Relawan Medis, Dokter Tirta Mandira Hudhi mengatakan, Virus Corona atau Covid-19 tidak dapat hilang. Namun, virus yang berawal dari Wuhan, China ini hanya dapat dikontrol.

"New Normal adalah sebuah adaptasi gaya baru, karena Covid itu nggak bisa hilang total, Covid hanya bisa dikontrol. Itu adalah sesuatu yang kita harus tahu bahwa banyak netizen bertanya kapan Covid hilang? Covid nggak bisa hilang layaknya TBC, DBD, malaria, HIV dan lain-lainnya. Dia hanya bisa di kontrol sampai dengan titik minimal," katanya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (27/5).

Katanya, untuk memutus rantai infeksi ini maka dibutuhkan adaptasi baru atau disebut new normal. Di mana yang terpenting adalah menerapkan segala sesuatu protokol kesehatan yang sudah diajarkan oleh Gugus Tugas.

"Dari bulan Maret yaitu pakai masker kain yang medis tetap pakai masker medis lalu cuci tangan terus di setiap waktu hindari menyentuh mulut, mata dan hidung, tetap jaga jarak," katanya.

"Nah sambil kita menunggu kebijakannya sesuai dengan pemerintah misalkan pasar buka kita sebagai relawan mengedukasi seller, mengedukasi pedagang, untuk menjaga kebersihan diri dan konsumennya kita juga minta jaga kebersihan diri. Kedua Mall pada tanggal 8 Juni. Berarti semua Mal harus menerapkan protokol kesehatan seperti itu," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Dokter Tirta mencoba meluruskan kalimat...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami