Gordang Sambilan dan Tari Tor Tor hadir di Istana
PERISTIWA | 17 Agustus 2012 08:52 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Tamu-tamu undangan mulai berdatangan memenuhi tempat duduk yang disediakan panitia penyelenggara HUT RI-67 sejak pukul 07.00 WIB. Tampak penjagaan sangat ketat di sekeliling area Istana Kepresidenan yang dilakukan aparat bersenjata lengkap, dibantu Polisi Lalu Lintas untuk mengurangi kemacetan.

Pantauan merdeka.com, arus lalu lintas mulai dialihkan di beberapa titik sekitar Istana Kepresidenan sejak pukul 06.00 WIB. Selain undangan, kendaraan pribadi, kendaraan umum dan roda dua dilarang masuk ke Jalan Merdeka Utara, Jalan Veteran dan Jalan Majapahit.

Sejumlah kendaraan yang membawa para undangan mulai dari kendaraan pribadi dan bus tampak berjejer rapi memenuhi bahu jalan. Saat masuk ke kompleks Istana, para undangan harus melalui sinar x-Ray sebelum melenggang masuk ke Istana Merdeka.

Sementara, panitia penyelenggara juga menyelenggarakan kesenian berupa Gordang Sambilan dan Tari Tor Tor Nauli Bulung dari Sanggar Dolok Martimbus. Seluruh pemusik dan penari itu didatangkan langsung dari Mandailing, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Upacara detik-detik proklamasi sendiri akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB. Sebelum upacara selesai, TNI AU akan menampilkan atraksi Flying Pass dengan pesawat tempur F-16 dan Sukhoi di atas Istana Merdeka.

(mdk/war)

TOPIK TERKAIT