IDI Tegaskan Pemecatan Dokter Terawan Tak Terkait Vaksin Nusantara

IDI Tegaskan Pemecatan Dokter Terawan Tak Terkait Vaksin Nusantara
Menkes Terawan di RSPI Sulianti Saroso. ©2020 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
NEWS | 4 April 2022 20:46 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Adib Khumaidi menegaskan, pemecatan Terawan Agus Putranto (TAP) dari anggota IDI tidak terkait dengan vaksin Nusantara yang diprakarsainya. Adib mengatakan bahwa IDI tidak terlibat dalam proses terkait vaksin.

"Hal yang terkait dengan kasus beliau pak TAP ini tidak ada kaitannya dengan vaksin nusantara, jadi tadi kalau dikaitkan ada konspirasi, saya berani menjamin kami dari Ikatan Dokter Indonesia tidak terlibat di dalam proses proses yang berkaitan dengan vaksin," kata Adib dalam rapat bersama Komisi IX di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/4).

"itu mempertegas bahwa secara profesi dan organisasi kita tidak terlibat dalam dan memang tidak ada kaitannya dengan vaksin nusantara terhadap pengambilan keputusan (pemecatan Terawan) kemarin," sambungnya.

2 dari 2 halaman

DPR Curiga Pemecatan Dokter Terawan Terkait Vaksin Nusantara

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR Fraksi PAN Saleh Daulay curiga, diberhentikannya Terawan salah satunya karena terkait vaksin Nusantara. Kata dia, dari surat yang keputusan pemberhentian Terawan, ada termaktub poin vaksin Nusantara.

"Kalau bilang tadi bukan karena vaksin Nusantara ini disuratnya (pemberhentian Terawan) ada vaksin Nusantara kok ini, di dalam suratnya termaktub kok itu bagian c kalau gak salah, bagaimana ceritanya ini," ujar Saleh.

Anggota Komisi IX DPR Fraksi NasDem Irma Chaniago juga menyinggung vaksin Nusantara yang digagas Terawan seperti tidak didukung IDI. Dia curiga IDI main mata dengan korporasi farmasi.

"Terkait vaksin Nusantara, lah kok malah IDI tidak mendukung produksi vaksin Indonesia yang dibuat anak bangsa Indonesia. Ini ada apa IDI dengan korporasi kesehatan dunia. Ini akan menjadi pertanyaan, saya terus terang curiga ini ada apa IDI dengan korporasi farmasi ini," ujar Irma. (mdk/gil)

Baca juga:
IDI Bakal Investigasi Video Rekomendasi Pemecatan Terawan yang Viral ke Publik
Rapat DPR Bahas Terawan, IDI Tegaskan Berhak Pecat Anggota yang Langgar Etik Berat
Membedah Polemik Pemegang Wewenang Terbitkan Izin Praktik Dokter
IDI Buka-bukaan Alasan Pecat Terawan: Metode Cuci Otak Tak Punya Kaidah Ilmiah
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Dokter Terawan akan Bertugas di Jerman
DPR Cecar IDI Pecat Terawan: Seenaknya Pecat Orang
Cerita Mantan Ketum IDI Telepon Dokter Terawan, Tapi Masalah Tak Kunjung Selesai

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami