Indra Kenz Didakwa Langgar UU ITE serta Lakukan Penipuan dan Pencucian Uang

Indra Kenz Didakwa Langgar UU ITE serta Lakukan Penipuan dan Pencucian Uang
Sidang perdana terdakwa Indra Kenz di PN Tangerang, Jumat (12/8). ©2022 Merdeka.com/Kirom
NEWS | 12 Agustus 2022 12:02 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Indra Kesuma alias Indra Kenz mulai diadili sebagai terdakwa penipuan investasi bodong Binomo dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dia didakwa dengan pasal berlapis terkait informasi dan transaksi elektronik, penipuan dan penggelapan serta pencucian uang.

Persidangan yang digelar tatap muka. Terdakwa Indra Kenz hadir melalui telekonferensi dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

"Saudara Indra Kesuma, kami dakwakan dengan pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian uang atau pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang," tegas Agung Susanto, JPU dari Kejaksaan Agung RI di ruang utama PN Tangerang, Jumat (12/8).

2 dari 2 halaman

Dihadiri Korban

Jaksa juga mendakwa crazy rich asal Medan itu dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, yakni pasal 45A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1).

"Ketiga, Indra Kesuma alias Indra Kenz juga didakwa Pasal 378 tentang penipuan dan Pasal 45 ayat (2) juncto pasal 27 ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," jelas dia.

Setelah pembacaan dakwaan , ketua Majelis Hakim Rachman Rajaguguk, kemudian menanyakan kepada Indra Kenz, apakah akan mengajukan eksepsi. "Saya serahkan ke penasihat hukum saya," kata Indra Kenz, dalam persidangan itu.

Persidangan juga dihadiri puluhan korban penipuan dan investasi. Mereka mendengarkan dakwaan di ruang persidangan. (mdk/yan)

Baca juga:
Kawal Sidang Indra Kenz, Puluhan Korban Datangi PN Tangerang
Indra Kenz Mulai Diadili di PN Tangerang Hari Ini
Indra Kenz akan Hadapi Sidang Perdana di PN Tangerang pada 12 Agustus
Crazy Rich Medan Indra Kenz Segera Berhadapan dengan Majelis Hakim
Tersangka Kasus Binomo Fakarich Ditahan di Rutan Tanjung Gusta

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini