Ini Strategi Ganjar Mencukupi Kebutuhan Bawang Putih Jateng di Atas 50% Per Bulan

Ini Strategi Ganjar Mencukupi Kebutuhan Bawang Putih Jateng di Atas 50% Per Bulan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 12 Agustus 2022 22:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan kebutuhan bawang putih di Jateng tercukupi hingga di atas 50 persen per bulan. Ganjar mengatakan, saat ini kebutuhannya baru tercukupi 20 persen.

"Mungkin swasembada bawang enggak, tapi mendekati produksi atau kebutuhan bisa tercukupi di atas 50 persen wajib menurut saya," tutur Ganjar di Learning Centre Bawang Putih, Desa Guci, Bumi Jawa, Tegal, Jateng, Jumat (12/8).

"Kalau sekarang kan 20 persen kurang lebih, menurut saya ini terlalu kecil," sambung Ganjar.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), kebutuhan bawang putih Jateng mencapai 10 ribu ton per bulan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Ganjar pun mendorong pemanfaatan Learning Centre Bawang Putih.

Pemprov Jateng juga berkolaborasi dengan Bank Indonesja (BI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Pemerintah Kabupaten Tegal, dan Kementerian Pertanian (Kementan). Ganjar berharap Learning Centre tersebut bisa diduplikasi di banyak daerah.

"Dan ini bagian dari perintah Pak Presiden kepada kita untuk menjaga ketahanan pangan kita," tuturnya.

Ganjar juga berharap ketersediaan para off taker untuk membeli hasil tani para petani bawang putih di daerah, baik dari BUMN, BUMD, ataupun perusahaan swasta.

"Kita siapkan off taker-nya nanti bisa kita pakai kekuatan-kekuatan katakan lah dari pemerintah daerah, BUMN, BUMD, itu bisa kita lakukan," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Adapun rintisan Learning Centre Bawang Putih di Tegal menyediakan fasilitas gedung bangsal belajar dan greenhouse senilai Rp367 juta melalui anggaran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2021.

Sedangkan pada 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia membantu penataan infrastruktur lingkungan dan sarana sarana pembelajaran sebesar Rp300 juta.

Learnung Centre Bawang Putih di Tegal sendiri akan dikelola oleh Kelompok Tani Berkah Tani Tuwel di bawah binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal. (mdk/ray)

Baca juga:
Gelar Rapat Mendadak di Pemalang, Ganjar Minta Jangan Ngeyel dan Khianati Rakyat
Sinyal PDIP Lirik Empat Kader Kebanggaan jadi Capres, Siapa yang Dipilih?
Ganjar Ungkap Cara Turunkan Harga Cabai Agar Lebih Murah
Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT, Ganjar: Sudahlah Hentikan Semua Korupsi
Ketua Relawan JoMan: Saya Yakin Jokowi Netral Walau Secara Kebatinan Pilih Ganjar

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini