Jelang New Normal, Masyarakat Diingatkan Tetap Waspada Penyebaran Covid-19

Jelang New Normal, Masyarakat Diingatkan Tetap Waspada Penyebaran Covid-19
PERISTIWA | 7 Juni 2020 12:55 Reporter : Didi Syafirdi

Merdeka.com - Semangat kebangsaan seperti persatuan, gotong royong, dan keadilan sosial diyakini sangat efektif dalam membebaskan Indonesia dari virus Corona. Masyarakat dan pemerintah harus saling membantu dan bergotong royong melawan pandemi ini.

"Tidak lupa harus peduli kepada saudara-saudara lain yang terdampak ekonominya karena pandemi Covid-19 ini," ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Ahmad Satori Ismail dalam keterangannya, Minggu (7/6).

Dia berharap masyarakat mampu ikut peduli kepada mereka yang terdampak ekonomi. Begitu juga pemerintah juga wajib mengulurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

"Dengan saling membantu dan bergotong royong Insya Allah kita sebagai bangsa bisa melalui pandemi ini," tutur Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) ini.

Selain itu, Satori juga menyampaikan agar masyarakat mematuhi aturan yang telah dibuat pemerintah. Pasalnya, tanpa peran aktif masyarakat, pemerintah pasti tidak akan mampu memberantas Covid-19.

Satori juga mengingatkan agar masyarakat yang sudah terkena virus harus menjaga jarak dan yang belum terkena virus harus hati-hati menjaga diri. "Selalu menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker ketika keluar rumah," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mendukung kebijakan new normal yang digagas pemerintah untuk mengatasi pandemi meski harus tetap memperhatikan aspek kesehatan.

"Saya kira kalau itu (new normal) diadakan, setiap orang harus tetap memperhatikan aspek kesehatan. Dan dalam kebijakan new normal setelah PSBB ini pemerintah wajib memberikan sosialisasi kepada masyarakat, meskipun sudah normal tetapi tetap tidak terkena virus Corona," kata anggota Dewan Syariah Nasional MUI itu.

Menurutnya, kebijakan new normal ini, sosialisasi yang dilakukan harus dari pemerintah pusat sampai ke daerah agar masyarakat bisa paham dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan adanya sosialisasi masyarakat diharapkan jangan terlalu takut sehingga tidak mau keluar rumah untuk menjalankan aktivitas ekonomi.

Selain itu, Satori juga berharap agar ormas Islam dan para tokoh agama bisa turut berperan membantu pemerintah untuk membantu menjelaskan tentang new normal ini.

"Dengan peran para tokoh agama, masyarakat diharapkan bisa paham dan kembali menjalankan aktivitas ekonomi seperti sedia kala," tandasnya. (mdk/did)

Baca juga:
Pegiat Olahraga Ajak Warga Tetap Aktif di Masa Pandemi
Kelangkaan Tabung Oksigen Landa Peru di Tengah Pandemi
Sampah Masker Cemari Pantai di Hong Kong
Pasien Covid-19 di Wisma Atlet dan Pulau Galang Terus Berkurang
4 Fakta Bayi Usia 50 Hari Positif Corona di Cirebon, Sempat Dibawa ke Tempat Hajatan
Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan di Tengah New Normal, Harus Menerima dan Disiplin

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5