Jenazah Dibawa Paksa Keluarga dari RSUD Pirngadi, PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jenazah Dibawa Paksa Keluarga dari RSUD Pirngadi, PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19
PERISTIWA | 7 Juli 2020 15:55 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Hasil tes polymerase chain reaction (PCR) atau pemeriksaan swab pasien dalam pengawasan (DPD) yang jasadnya dibawa kabur keluarganya di RSUD Pirngadi Medan sudah didapat. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan mengonfirmasi pasien itu positif Covid-19.

"(Pasien) Di Pringadi sudah keluar (hasil pemeriksaan) swab-nya, (terkonfirmasi) positif, cuma karena keluarganya tidak mau dikuburkan secara Covid-19, jenazah dibawa keluarganya secara paksa," ujar Juru Bicara GTPP Covid-19 Medan, Mardohar Tambunan, Selasa (7/7).

Pengambilan paksa jenazah PDP itu sangat disayangkan. Tindakan itu berpotensi menyebabkan penyebaran virus corona.

Mardohar mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak berwajib terkait kasus ini. "Kami sudah koordinasi dengan pihak kepolisian, juga Satpol PP. Mereka sudah melakukan tugasnya, nggak tahu kita bagaimana kelanjutannya, tapi itu sudah dilaporkan," jelasnya.

Sebelumnya, jenazah PDP Covid-19 dibawa paksa keluarganya di RSUD dr Pirngadi Medan, Sabtu (4/7). Jenazah sebelumnya telah menjalani proses pemulasaran itu sudah dinaikkan ke ambulans.

"Keluarga meminta agar disalatkan dahulu, maka jenazahnya pun diturunkan dari ambulans," kata Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin, Minggu (5/7).

Setelah jenazah yang sudah berada dalam peti itu diturunkan, bukannya disalatkan, malah dinaikkan ke dalam mobil pribadi yang dibawa keluarga itu. Mereka kemudian pergi.

Pasien yang meninggal dunia sebelumnya masuk ke RSUD Pirngadi pada Jumat (3/7) malam. Dia mengalami pneumonia dan statusnya ditegakkan sebagai PDP, lalu meninggal dunia pada Sabtu (4/7) dinihari.

Beberapa hari sebelumnya, pengambilan paksa jenazah juga terjadi di RSU Madani, Medan. Setelah bersitegang dengan petugas keamanan, keluarga tetap membawa jenazah yang sebelumnya telah berstatus PDP menggunakan kendaraan umum. (mdk/rhm)

Baca juga:
Survei LSI, 74,8 Persen Warga di Zona Merah Covid-19 Alami Keterpurukan Ekonomi
Bank BUMN Telah Salurkan Dana Pemerintah Rp 11 T ke 132.000 Nasabah
Update Covid-19 7 Juli: Bertambah 1.268, Total Kasus Positif Jadi 66.226
Satpol PP Jemput Pedagang Pasar Tolak Dites Covid-19
Dirut KAI Surati Anies Minta Cabut Syarat SIKM Perjalanan Jakarta-Bandung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami