Jokowi Minta Panglima TNI Turunkan Hercules Jemput Logistik Obat dari Negara Lain

Jokowi Minta Panglima TNI Turunkan Hercules Jemput Logistik Obat dari Negara Lain
Jokowi Tinjau Kesiapan Rusun Pasar Rumut sebagai Tempat Isolasi. ©Istimewa
NEWS | 6 Agustus 2021 15:43 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyiapkan pesawat Hercules untuk membawa logistik obat yang sempat terhambat dari beberapa negara. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat meninjau RSD Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Jumat (6/8).

"Kemarin Presiden mendapat informasi ada keluhan tentang transportasi untuk dukungan logistik untuk memindahkan dari beberapa negara karena kesulitan angkutan logistiknya. Presiden langsung memerintahkan Panglima TNI siapkan pesawat Hercules untuk bisa menghubung semuanya agar tidak ada hambatan apapun," kata Moeldoko di RSD Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Jumat (6/8).

Dia menjelaskan salah satu langkah tersebut juga sebagai upaya terkait adanya kelangkaan obat. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, hingga Farmasi pun sudah memiliki langkah atasi hal itu.

"Berikutnya di border, bea cukai dapat perintah langsung dari presiden. Semuanya harus berjalan dengan cepat. Tentu tidak boleh melanggar aturan. Jadi, hal-hal yang menjadi persoalan sekarang ini sungguh telah direspons dengan cepat dan baik oleh pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, Moeldoko juga meminta agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Tidak hanya itu, Moeldoko juga meminta agar publik segera melakukan vaksinasi agar terjadi kekebalan komunal.

"Tugas pemerintah menyiapkan vaksinnya dan tenaga-tenaga kesehatannya, tetapi tugas dari masyarakat semuanya adalah memiliki kesadaran yang penuh agar vaksin bisa berjalan secara masif. Kalau hal itu dijalankan dengan baik kita yakin Covid bisa kita beresin bersama-sama," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Usai Diperiksa, Bos Penimbun Obat Terapi Covid-19 di Jakbar Ditahan Polisi
Kunjungi Kalsel, Menko Muhadjir Akui Ada Kelangkaan Obat Terapi Covid
Menko PMK Akui Ketersediaan Obat Covid-19 di Daerah Masih Langka
Menko PMK Dorong Pemda Sediakan Obat Antivirus di Puskesmas
Obat Covid-19 hingga Oksigen di Tapanuli Utara Langka, Ini Kata Kadinkes
Alasan Kesehatan, Polisi Tak Tahan Bos Penimbun Obat Terapi Covid-19

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami