Kabut Asap Masih Lumpuhkan 2 Bandara di Ibu Kota Baru

PERISTIWA | 14 September 2019 20:03 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kabut asap akibat Karhutla, masih melumpuhkan penerbangan di Bandara Kalimarau di Berau (BEJ), dan Bandara Melalan di Sendawar (MLK) kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Bahkan, kabut asap di Berau diperkirakan masih menyelimuti Berau dalam 4 hari kedepan.

Ketiadaan penerbangan di Bandara Kalimarau, berlangsung sejak Jumat (13/9) kemarin, lantaran jarak pandang (visibility), berada di bawah 1.000 meter dari minimal 3.500 meter. Hari ini, kondisinya justru semakin parah.

"Ini hari kedua, tidak ada penerbangan dari dan ke Kalimarau. Hari ini, visibility cuma 800 meter," kata Kasi Teknik Bandara Kalimarau Budi Sarwanto, dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (14/9).

Budi memastikan, meski demikian, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bandara Kalimarau, tidak menutup operasional bandara. "Dari kami tidak tutup. Ini karena kabut asap, yang menurunkan jarak pandang syarat aman penerbangan," tegas Budi.

Jumat (13/9) kemarin, lanjut Budi, BMKG Stasiun Kalimarau mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim akibat kabut asap ekstrim. "Benar, dari BMKG, memperkirakan kabut asap masih akan ada hingga 4 hari kedepan mulai Jumat kemarin," terang Budi.

Di Bandara Melalan Sendawar, hari ini ketiadaan penerbangan dari dan ke Bandara Melalan, memasuki hari ketiga. Pekatnya kabut asap, menjadikan bandara tidak bisa digunakan untuk penerbangan.

"Hari ini, hari ketiga di Bandara Melalan, kabut asap mengakibatkan penerbangan lumpuh. Tidak ada penerbangan sama sekali," kata Petugas Pusdalops BPBD Kutai Barat, Erwin, dikonfirmasi merdeka.com sore ini.

Data diperoleh merdeka.com dari pusat informasi titik panas yang diolah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) hingga pukul 17.44 Wita sore ini, di Kalimantan Timur tercatat 447 hotspot atau titik panas. Dimana, 142 diantaranya, memiliki tingkat keyakinan lebih 80 persen adalah titik api Karhutla.

Baca juga:
Bencana Asap, Mendikbud Persilakan Sekolah Libur Tapi Guru Tetap Pantau Murid
Kabut Asap di Sumatera & Kalimantan, 20 Penerbangan Lion Air Grup Dibatalkan
Kabut Asap di Samarinda Makin Parah, Warga Sesak Napas & Tenggorokan Kering
Kabut Asap Karhutla Lumpuhkan 2 Bandara di Kaltim
Samarinda Berselimut Asap, 256 Titik Panas Tersebar di Kalimantan Timur
Jarak Pandang 300 Meter Akibat Kabut Asap Kacaukan Penerbangan di Samarinda

(mdk/rhm)