Ketua KPK Terpilih: Makna Hari Antikorupsi Dunia Adalah Keprihatinan Bagi Kita

PERISTIWA | 9 Desember 2019 13:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua KPK Terpilih 2019-2023, Firli Bahuri, menyatakan Hari Antikorupsi Sedunia pada dasarnya sebagai bentuk keprihatinan. Sebab, selama peringatan hari tersebut ada, dipastikan korupsi masih merajalela.

"Makna Hari Anti Korupsi Dunia adalah hari keprihatinan bagi kita semua karena dengan peringatan hari Antikorupsi dunia, kita semua diingatkan bahwa ada hal serius yang harus kita jadikan perhatian, untuk bersama-sama memberantasnya," tulis Firli dalam siaran pers diterima, Senin (9/12).

Firli menambahkan, hari Antikorupsi sedunia juga dipandang sebagai peringatan atau alarm warning. Sebab menurutnya, dunia saat ini masih memiliki masalah korupsi yang berat.

"Karena tidak semua negara melaksanakan peringatan hari Antikorupsi terutama negara-negara yang memang tidak lagi menempatkan korupsi sebagai masalah serius, karena emang tidak ada lagi korupsi (zero corruption)," jelas Firli.

Di hari peringatan ini, Firli berharap suatu saat Indonesia tidak lagi melaksanakan peringatan hari korupsi sedunia. Sebab dia meyakini, Indonesia sudah bersih dan bebas dari korupsi.

"Jadi mari kita bersama mengambil peran untuk melakukan pemberantasan korupsi sesuai dengan tataran hak, kewajiban, kewenangan dan kita semua harus berperan aktif membebaskan bangsa kita dari masalah korupsi," kata Firli berharap.

Sebagai informasi, di peringatan hari Korupsi Sedunia di Gedung KPK tampak Firli Bahuri yang hadir lengkap bersama seluruh komisioner baru KPK lainnya periode 2019-2023. Namun sayangnya jenderal polisi bintang tiga ini enggan memberikan pernyataan langsung terhadap awak media.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Sri Mulyani: Tiap Hari Urus Uang Negara, Tiap Detik Ada Godaan Korupsi
Wapres Ma'ruf Puji Kinerja Pencegahan KPK Selamatkan Uang Negara Rp60 T
Pemerintah Fokus Pencegahan Korupsi di Sektor Pelayanan Publik dan Perizinan
Sri Mulyani: Dulu Orang Menganggap Tak Korupsi, Tak Bisa Hidup
Wapres MA'ruf Amin Buka Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia
Alasan Jokowi Tak Hadiri Harkodia di KPK: Bagi Tugas dengan Pak Ma'ruf
Ketua DPR: Gerakan Antikorupsi Tidak Diukur dari Seberapa Banyak Orang Ditangkap

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.