Nenek Berusia 100 Tahun Berhasil Sembuh dari Covid-19

Nenek Berusia 100 Tahun Berhasil Sembuh dari Covid-19
PERISTIWA | 30 Mei 2020 07:30 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Nenek berusia 100 tahun bernama Kamtin, warga Surabaya, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan sembuh dari virus Corona. Dia berhasil sembuh setelah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya.

"Nenek Kamtin ini seorang survivor Covid-19 tertua di Indonesia," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Jumat (29/5) malam.

Nenek yang lahir pada tahun 1920 tersebut awalnya menderita sakit batuk dan demam pada 13 April 2020 selama sepekan, lalu dibawa sepekan kemudian.

Pada 20 April 2020 dilakukan tes swab yang hasilnya pada 28 April 2020 diketahui hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19, hingga dirawat di rumah sakit sampai 17 Mei 2020 dinyatakan terkonfirmasi negatif.

Terhadap beberapa orang keluarganya, saat ini dilakukan isolasi di Asrama Haji Surabaya karena sempat melakukan kontak langsung. Menurut Khofifah, kesembuhan nenek Kamtin memberikan semangat bagi pasien yang masih dirawat, dan membuktikan sangat besar peluangnya untuk sembuh.

"Melalui putrinya, beliau berpesan bahwa disiplin adalah vaksin paling tokcer saat ini, karena vaksin Covid-19 belum ditemukan," terangnya seperti dilansir dari Antara.

1 dari 1 halaman

Selain berdisiplin, dia mengungkapkan, vaksin jitu lainnya yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah Covid-19 adalah membiasakan pola hidup bersih dan sehat, serta mematuhi protokol kesehatan.

"Tiga cara itulah vaksin senyatanya hari ini," tegasnya.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, sampai hari ini di Jatim sedang dirawat pasien lanjut usia yang terkonfirmasi positif Covid-19, masing-masing 11,62 persen laki-laki dan 8,62 persen wanita.

"Mari lindungi dan sayangi mereka karena di usianya yang lanjut menjadi salah satu populasi rentan," ujar Khofifah.

Data dari gugus tugas terkait total pasien sembuh hingga Jumat (29/5) pukul 17.00 WIB, jumlahnya mencapai 589 orang atau 13,36 persen.

Tambahan pasien sembuh sebanyak 19 orang, yakni empat orang dari Tulungagung, masing-masing tiga orang dari Sidoarjo dan Kabupaten Probolinggo, masing-masing dua orang dari Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang, serta masing-masing satu orang dari Lumajang, Kota Probolinggo, Banyuwangi, Lamongan serta Surabaya. (mdk/fik)

Baca juga:
Kekesalan Walkot Risma & Mobil Lab PCR yang Tak Kunjung Tiba di Surabaya
Strategi Warga Kampung di Bantaran Sungai Ciliwung Hadapi Covid-19
Pemprov Jatim Tanggapi Kemarahan Risma: Mobil Lab PCR Tidak Hanya untuk Surabaya
Kasus Positif Corona di Depok Capai 551, 214 Sembuh dan 30 Meninggal
Tiga Warga Positif Covid-19, Satu Desa di Garut Diisolasi
KPU Akui Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19 Terkendala Anggaran
Ketua Tim Pengawas Covid-19 DPR Minta New Normal Dilaksanakan Super Ketat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5