Pakar Prediksi Varian Covid-19 BA.2.12.1 Sudah Masuk RI

Pakar Prediksi Varian Covid-19 BA.2.12.1 Sudah Masuk RI
Ilustrasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com
NEWS | 7 Mei 2022 13:03 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Epidemiolog memprediksi varian baru Covid-19 berjenis BA.2.12.1 sudah masuk wilayah Indonesia. Varian baru ini sudah terdeteksi berada di Singapura beberapa hari lalu.

"Sangat memungkinkan (masuk Indonesia), bahkan mungkin sudah masuk," kata Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University Australia, Dicky Budiman kepada merdeka.com, Sabtu (7/5).

Informasi sementara, BA.2.12.1 merupakan subvarian dari BA.2 Omicron. Varian ini dikabarkan sangat menular. Namun, belum ada bukti menyebabkan penyakit lebih parah dari BA.2.

Dicky mengatakan varian BA.2.12.1 harus diwaspadai. Situasi penularan Covid-19 di Tanah Air bisa berubah jika varian baru masuk.

"Artinya kalau itu masuk, bisa berubah situasi. Kita akan mengalami potensi lonjakan gelombang meskipun di wilayah yang sudah memiliki cakupan vaksinasi yang memadai. Ini yang berbahayanya," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Menurut pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) di bidang kesehatan global dan internasional ini, semua pihak tidak boleh euforia di tengah penularan Covid-19 melandai. Sebab, ancaman lonjakan kasus masih bisa terjadi.

Terlebih jika masuk varian baru disertai rendahnya kepatuhan memakai masker, relaksasi aktivitas masyarakat, dan laju vaksinasi melambat.

"Kalau kita tidak konsisten, ya kita akan mengalami apa yang sekarang terjadi di Afrika Selatan, Amerika Serikat, kasus meningkat. Meskipun secara kematian saat ini kalau disebut direct tidak. Tapi indirectnya masih ada kematian," tandasnya.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan menegaskan hingga saat ini belum ditemukan kasus varian BA.2.12.1 di Indonesia. Demikian juga dengan varian BA.4 dan BA.5.

"Di Indonesia belum ada," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, saat dikonfimasi merdeka.com, Sabtu (7/5). (mdk/eko)

Baca juga:
Muncul Subvarian Covid-19 BA.4 dan BA.5, Kenali Karakteristiknya
'Jemput Bola', Vaksinasi Covid-19 Bisa Dilakukan di Tempat Wisata Yogyakarta
Epidemiolog: Kasus Covid-19 Usai Lebaran Baru Terlihat setelah Satu Bulan
Ridwan Kamil: Mudah-mudahan Setelah Arus Balik Pandemi Berubah Menjadi Endemi
14 Hari Usai Arus Mudik Menentukan Nasib Covid-19 di Indonesia

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami