Pegawai Imigrasi Jember Ditangkap karena Gunakan Narkoba, Jabatan Langsung Dicopot

Pegawai Imigrasi Jember Ditangkap karena Gunakan Narkoba, Jabatan Langsung Dicopot
Borgol. shutterstock
NEWS | 1 Juli 2022 01:00 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Seorang pegawai Kantor Imigrasi Kelas 1 Jember berinisial BD ditangkap Satreskrim Polres Jember. Dia diringkus karena kedapatan mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu.

Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Jember Said Noviansyah membenarkan adanya pegawai yang tertangkap karena mengonsumsi sabu-sabu . Namun dia tidak menjelaskan detail kronologi penangkapan pegawai itu.

Said hanya menegaskan, penangkapan pegawai pecandu narkoba itu terkait dengan program bersih-bersih yang ia canangkan sejak awal memimpin Kantor Imigrasi Jember. "Sejak saya bertugas di sini, saya melakukan beberapa perubahan, baik dari fasilitas pelayanan kepada masyarakat maupun perilaku pegawai di kantor imigrasi. Anda bisa lihat hasilnya sekarang lebih bagus," tutur Said saat dikonfirmasi, Kamis (30/6).

2 dari 2 halaman

Asesmen Ketat

Said menyebut, upaya bersih-bersih yang ia lakukan tidak sepenuhnya mendapat sambutan positif. "Ada pegawai yang merasa tidak nyaman dengan adanya perubahan ini, sehingga ada oknum yang melakukan perbuatan tercela karena merasa terganggu," papar Said.

Sebagai pimpinan, Said mengaku tidak bisa mengawasi anak buahnya selama 24 jam. Terlebih, Kantor Imigrasi Jember membawahi 4 kabupaten sekaligus, yakni Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Karena itu, selaku pimpinan Kantor Imigrasi Jember, Said menerapkan asesmen ketat untuk memilih pejabat yang pas.

"Untuk oknum pegawai yang melakukan pelanggaran seperti menggunakan narkoba, kami sudah menyerahkannya kepada aparat kepolisian agar bisa diproses secara tegas," tutur Said.

Untuk mencegah agar hal serupa tidak terulang, Kantor Imigrasi Jember sudah melakukan antisipasi. "Saya akan menindak sekeras mungkin bagi setiap pegawai Kantor Imigrasi Jember yang melakukan perbuatan tidak terpuji. Kami juga akan melakukan tes urine secara berkala dan secara rahasia," papar Said.

Terkait petugas yang menggunakan sabu-sabu tersebut, selain dicopot juga akan mendapatkan sanksi kepegawaian secara tegas. "Minggu depan, sudah ada pengganti untuk jabatan tersebut," pungkas Said.

Baca juga:
Motif Pembunuh Bayaran Bunuh Korban di Musi Banyuasin: Saingan Bisnis Narkoba
4 Fakta Penemuan Ladang Ganja di Cianjur, Ditanam di Dekat Situs Purba Gunung Padang
Kurir 25 Kg Sabu Asal Tanjung Balai Dituntut Hukuman Mati
DJ Joice Ditangkap atas Kasus Narkoba, Sejumlah Barang Bukti Disita
Bawa 43 Kg Sabu dari Pekanbaru, Dua Kurir Dituntut dengan Pidana Mati
VIDEO: Profil Joice Challista, DJ dan Mantan Model Diduga Ditangkap Kasus Narkoba

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini