Pemerintah Revisi PPKM Jabodetabek jadi Level 1 dalam Sehari, Ini Alasannya

Pemerintah Revisi PPKM Jabodetabek jadi Level 1 dalam Sehari, Ini Alasannya
PPKM DKI Jakarta Naik ke Level 2. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
NEWS | 6 Juli 2022 13:46 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri merevisi level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah Pulau Jawa dan Bali. Revisi ini tertuang dalam Inmendagri Nomor 35 tahun 2022 Tentang PPKM Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 5 Juli 2022.

Aturan ini menggantikan Inmendagri Nomor 33 yang baru diterbitkan pada 4 Juli 2022. Dalam Inmendagri Nomor 33, ada 14 daerah yang naik ke PPKM level 2, termasuk Jabodetabek. Sementara dalam Inmendagri terbaru, seluruh wilayah di Jawa dan Bali kembali ke level 1.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA mengungkap alasan pemerintah merevisi level PPKM sejumlah daerah di Jawa Bali hanya dalam waktu sehari.

"Meskipun berdasarkan indikator transmisi komunitas wilayah aglomerasi Jabodetabek berada pada level 2, tetapi dalam satu minggu terakhir kami melihat terjadi tren pelandaian (flattening) yang mengindikasikan wilayah aglomerasi Jabodetabek telah melewati puncak (Omicron BA.4 dan BA.5) ," jelasnya melalui keterangan tertulis, Rabu (6/7).

Menurut Safrizal, pemerintah memperkirakan wilayah aglomerasi Jabodetabek dapat kembali ke level 1 dalam 1 atau 2 minggu ke depan. Karena pertimbangan itulah, pemerintah mereview kembali aturan sebelumnya.

"Setelah melakukan review dan asesmen terhadap kondisi tersebut, mengingat Inmendagri akan berlalu selama 1 bulan, dengan pertimbangan kasus yang sudah mulai melandai dan diperkirakan akan kembali ke level 1, serta tingkat rawat inap dan kematian yang masih rendah dan terkendali, kami memutuskan untuk merevisi level PPKM wilayah aglomerasi menjadi level 1," terangnya.

Safrizal memastikan revisi ini dilakukan untuk tetap menjaga aspek kesehatan dengan memperhatikan tren pemulihan ekonomi yang terus berlanjut. (mdk/rnd)

Baca juga:
Ini Aturan Lengkap PPKM di Jabodetabek Per Juli 2022
Pemerintah Revisi Aturan, Jabodetabek Kembali PPKM Level 1
PPKM di Tangsel Kembali Level 2, Penerapan Prokes Masyarakat Ditingkatkan
PPKM Jakarta Naik jadi Level 2, Anies: Saya Komunikasikan ke Pemerintah Pusat
Jakarta PPKM Level 2, Wagub DKI Imbau Masyarakat Percepat Vaksinasi Booster

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini