Polda Jatim Tahan Penendang Sesajen di Gunung Semeru

Polda Jatim Tahan Penendang Sesajen di Gunung Semeru
Polisi tangkap penendang sesajen di Gunung Semeru. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 15 Januari 2022 19:06 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Polisi akhirnya melakukan penahanan terhadap HF, pria terduga penendang sesajen di Gunung Semeru beberapa waktu lalu. Ia ditahan oleh polisi sejak Jumat (14/1) malam.

Penahanan terhadap HF ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko. Ia menyatakan, setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan terhadap HF, penyidik akhirnya memutuskan untuk melakukan penahanan.

"Sudah dilakukan penahanan terhadap HF sejak semalam," ujarnya, Sabtu (15/1).

Gatot menambahkan, sejak dilakukan penahanan hingga kini belum ada upaya penangguhan penahanan dari pihak keluarga HF. "Belum ada (pengajuan penangguhan penahanan). Kan baru semalam ditahan," pungkasnya.

Gatot memastikan, rangkaian hukum terhadap HF akan dilakukan di Mapolda Jatim. Termasuk di antaranya penahanan terhadap HF juga dilakukan di Polda Jatim.

"Semuanya ditangani Polda ya. Iya (ditahan di Polda Jatim)," tukasnya.

HF diketahui ditangkap di Gang Dorowati, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Lokasi penangkapannya dekat dengan Polsek Banguntapan. HF ditangkap pada Kamis (13/1) malam, sekitar pukul 22.40 WIB.

Petugas gabungan dari Polres Lumajang, Polda Jatim, Polda NTB hingga Polda Jateng dan Polda DIY yang melakukan penangkapan tersebut. Dalam kasus ini HF dijerat dengan pasal 156 dan pasal 158 KUHP tentang penghinaan atau penodaan agama.

Tersangka HF sendiri menyatakan permintaan maafnya pada masyarakat Indonesia terkait dengan viralnya video tersebut. Namun sayang, ia tak menjelaskan lebih detail motif mengapa dirinya melakukan tindakan tersebut.

"Seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai kiranya apa yang kami lakukan dalam video itu dapat menyinggung perasaan saudara kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya," katanya, Jumat (14/1).

Sebelumnya, sebuah video seorang pria viral usai menendang sesajen di kawasan erupsi Gunung Semeru. (mdk/cob)

Baca juga:
'Dapat Merusak Persatuan Bangsa, Ujaran Kebencian Bukanlah Kebebasan Demokrasi'
Pelaku Tendang Sesajen Ditangkap, Bupati Lumajang Ingin Ketemu Langsung
Penendang Sesajen di Gunung Semeru Minta Maaf
Pelaku Tendang Sesajen di Gunung Semeru Ditangkap Polisi
Masyarakat Perlu Samakan Persepsi Soal Toleransi untuk Cegah Ujaran Kebencian

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami