Sebatang Kara Setelah Orang Tua Wafat akibat Covid-19, Vino Dijemput Pulang ke Sragen

Sebatang Kara Setelah Orang Tua Wafat akibat Covid-19, Vino Dijemput Pulang ke Sragen
Vino, bocah menjalani isolasi mandiri usai orang tua meninggal karena corona. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 30 Juli 2021 14:52 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, Jawa Tengah, memfasilitasi penjemputan Alviano Dafa Raharjo alias Vino dari Kutai Barat, Kalimantan Timur. Bocah 10 tahun kini hidup sebatang kara setelah kedua orang tuanya meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, pihaknya memberangkatkan kakek Vino bernama Yatin ke Kalimantan Timur. Dia didampingi petugas dari Dinas Dosial Sragen, Zainuri.

Mereka berangkat dari pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen menuju Bandara Juanda, Sidoarjo. "Mbah Yatin ini mbahnya Mas Vino yang akan menjemput cucunya ke sana. Karena sesuai surat wasiat yang diberikan orang tuanya, Vino ini agar dirawat di kampung halaman di Sragen. Kami memfasilitasi untuk bisa menjemput Mas Vino. Kita tunggu kedatangannya," ujar Yuni, Jumat (30/7).

Yatin (56) sudah menghubungi Vino. Saat ini, cucunya itu dalam keadaan baik dan sehat seusai menjalani isolasi mandiri. "Kondisi Vino sangat sehat, bahkan kemarin saya telepon lagi asik mancing," katanya.

Dia yakin cucunya itu merupakan anak yang tegar. Bocah itu bahkan menguatkan keluarga agar tidak bersedih. "Dia itu sangat tegar. Dia malah menghibur kakek-neneknya. Kita tidak boleh sedih setelah sampai di sana, kita akan diajak ziarah," ucapnya.

Yatin mengaku tidak akan lama berada di Kutai Barat. Dia memperkirakan perjalanan dari Balikpapan menuju Kutai Barat sekitar 12 jam. "Setelah sampai di sana, kita mengurus persyaratan, seperti tes PCR dan sebagainya. Saya pingin nyekar dulu ke makamnya anak saya Lina Safitri dan Kino Raharjo," jelasnya.

Plt Dinsos Sragen Yuniarti menjelaskan, selain Vino yang berada di perantauan, ada satu anak lagi yang menjadi yatim piatu akibat Covid-19. Anak tersebut ditinggal kedua orang tuanya pada Juli ini. Saat ini anak itu diurus kakaknya.

"Kami sudah mencoba menemui, namun belum mau. Mungkin masih merasa terpukul. Anaknya masih SD, sekarang diurus oleh kakaknya yang sudah berkeluarga," pungkas dia. (mdk/yan)

Baca juga:
VIDEO: Jokowi Beri Hadiah Vino, Bocah Yatim Piatu Karena Corona
Jokowi Beri Sepeda Bocah Vino yang Ditinggal Wafat Orangtua Akibat Covid-19
VIDEO: Kesedihan Bocah 10 Tahun, Isoman Sendirian Dengar Kabar Ayah dan Ibu Meninggal
Malang Nasib Bocah Vino, Isoman Sendiri Usai Orang Tua Meninggal Karena Covid-19
Tes Cepat Molekular, Bupati Kutai Barat Positif Corona
Positif Terjangkit SARS-CoV-2, Satu Keluarga di Kaltim Diisolasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami