Sebelum Hadiri Pelantikan, Wapres China Kunjungi Kampung Halaman Jokowi

PERISTIWA » MAKASSAR | 18 Oktober 2019 20:19 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) China Wang Qishan berkunjung ke Kota Solo, Jumat (18/10). Di Solo, Wang Qishan melihat Bendung Tirtonadi dan menerima jamuan makan malam di rumah dinas Wali Kota, Loji Gandrung. Sebelum ke Solo, Wang Qishan terlebih dulu mengunjungi Museum Purbakala Sangiran, Kabupaten Sragen.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin menyambut baik kunjungan utusan Presiden China tersebut. Ia juga mempromosikan bahwa Kota Solo mempunyai berbagai macam hal yang menarik. Selain budaya, industri, juga sektor pariwisata.

"Kota Solo dan Jawa Tengah ini welcome terhadap warga lain, termasuk dari China. Hampir di setiap Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ini mempunyai kampung pecinan," ujarnya.

Jawa Tengah, dikatakannya, juga mempunyai potensi industri. Jawa Tengah juga sering mengirim garmen ke China. Selain itu juga mempunyai banyak obyek wisata, seperti di Sangiran dan Tirtonadi yang telah dikunjungi Wakil Presiden China.

"Harapan kami setelah pulang nanti wakil presiden akan bercerita ke warga, menyampaikan bahwa Jateng siap menerima investor dari China," katanya.

"Kita mempunyai budaya hampir sama, seperti tarian dan lainnya. Harapan kami pada pada kesempatan lain, bapak lebih panjang tinggal di Jateng untuk menikmati budaya dan keindahan kota lainnya," sambungnya.

Dalam jamuan makan tersebut Wakil Presiden China dan rombongan disuguhi Tari Gambyong, Tari Bambangan Cakil, Lagu Bengawan Solo dan kesenian lainnya. Wang Qishan yang nampak akrab dengan Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo dan Taj Yasin lahab menyantap hidangan bakmi goreng khas Solo.

Baca juga:
Kejutan-Kejutan Politik Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Gladi Bersih Pelantikan Presiden Diwarnai Aksi Semedi Paranormal di Gedung MPR
Jelang Pelantikan Presiden, Penjagaan Perbatasan Ciledug dan Batuceper Diperketat
Mengintip Gladi Kotor Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di DPR
Mahasiswa Makassar Demo Lagi, Minta Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Ditunda
Pengamanan Objek Vital Jelang Pelantikan Presiden

(mdk/bal)