Sebut Ratna Sarumpaet Sakit, Pengacara Klaim Pegang Surat Rujukan Polisi ke RS

PERISTIWA | 11 Juni 2019 10:54 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Tim kuasa hukum menyebut kesehatan Ratna Sarumpaet sedang menurun. Mereka mengupayakan agar mantan anggota pemenangan Prabowo-Sandiaga itu bisa mendapatkan perawatan ke rumah sakit.

"Yang pertama tensinya itu tinggi, kalau saya lihat dari surat rujukan itu di posisi kalau enggak salah 160. Kemudian di belakang leher nyeri, kemudian beliau juga mengalami pusing," kata salah satu kuasa hukum Ratna, Insank Nasruddin, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (11/6).

Insank mengaku sudah mengantongi surat rujukan dari Klinik Pratama Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya. Namun pihaknya masih menunggu keputusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan ke rumah sakit mana Ratna bisa dirujuk.

"Biddokes sudah mengeluarkan surat pengantar untuk dirujuk ke rumah sakit. (Tapi) Karena beliau kan dalam status penahanan pengadilan majelis hakim, tentunya walaupun Biddokes sudah mengeluarkan surat pengantar untuk dirujuk ke rumah sakit yang menentukan tentunya majelis hakim di rumah sakit mana yang harus dirujuk gitu," jelasnya.

Dalam hal ini biasanya, kata Insank, pihak jaksa yang menghubungi Biddokkes Polda Metro Jaya. "Karena melihat kondisi kesehatan, artinya sudah ada surat pengantar dari Biddokkes bahwa yang bersangkutan tahanan ini harus dirujuk. Karena yang wajib menghadirkan terdakwa di pengadilan itu kan jaksa," jelas Insank.

Baca juga:
Alami Sakit Leher, Ratna Sarumpaet Dibawa ke Dokkes Polda
Ratna Sarumpaet Mengaku Stres saat Tahu Polisi Kembangkan Kasusnya
Dituntut 6 Tahun Penjara, Ratna Sarumpaet Bilang 'Agak Hiperbola ya'
Ekspresi Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun Bui
Jaksa Tuntut Ratna Sarumpaet 6 Tahun Penjara, Ini Alasannya
Hadapi Sidang Tuntutan, Ini Harapan Ratna Sarumpaet
Menanti Tuntutan Kasus Penyebar Hoaks Ratna Sarumpaet

(mdk/lia)