Menebak Makna Ucapan Berulang-ulang Jokowi 'Tak Ada Beban Lagi'

POLITIK | 18 Juni 2019 05:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang kali mengatakan jika dirinya tidak memiliki beban. Presiden Jokowi mengisyaratkan akan membuat sejumlah gebrakan kebijakan demi kemajuan Indonesia.

Jokowi dalam lima tahun ke depan hanya ingin fokus membangun negara dan mensejahterakan rakyatnya. Berikut ini ucapan Jokowi soal sudah tak ada beban lagi yang disampaikan dalam beberapa momen:

1 dari 3 halaman

Jokowi: Yang Penting untuk Negara Ini

Presiden Jokowi menghadiri acara halalbihalal aktivis 1998 pada Minggu (16/5). Dalam acara itu Jokowi mengatakan bahwa dia tak memiliki beban untuk lima tahun ke depan jika ditetapkan sebagai presiden. Mantan wali kota Solo itu mengajak seluruh pihak memberikan masukan apapun yang masih harus dikerjakan dan diselesaikan ke depan.

"Jadi keputusan-keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini, akan kami kerjakan karena saya sudah tidak memiliki beban apa-apa," kata Jokowi.

Presiden Jokowi mengaku, siap mengambil keputusan 'gila' pada periode kedua pemerintahannya. Asalkan keputusan 'gila' tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat dan negara.

"Kita harus berani mengoreksi apa yang masih harus dikerjakan, apa yang masih kurang, apa yang harus diselesaikan. Ini jadi koreksi kita bersama," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Mohon Maaf, Saya Sudah Tidak Ada Beban Lagi

Saat menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019, Presiden Jokowi mengungkapkan tidak ada beban lagi dalam lima tahun ke depan. Sebab dia sudah tak bisa mencalonkan diri kembali sebagai presiden.

Oleh karena itu akan menggunakan kesempatan membangun Indonesia semaksimal mungkin. "Lima tahun ke depan, mohon maaf, saya sudah tidak ada beban lagi. Saya tidak bisa nyalon lagi (pada 2024)," ujar Jokowi.

3 dari 3 halaman

Jokowi: Saya Ngomong Apa Adanya

Presiden Jokowi kembali mengungkapkan saat bertemu dengan pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo. Pertemuan digelar di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (13/6) lalu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali mengatakan bahwa dirinya saat ini tidak lagi memiliki beban dalam menjalankan pemerintahan ke depan. Karena itu, ia akan bekerja sebaik-baiknya demi kemajuan ekonomi. Seperti akan melakukan terobosan-terobosan besar demi meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Saya ngomong apa adanya, saya sudah tak ada beban apa-apa," kata Jokowi. (mdk/has)

Baca juga:
4 Nama Tokoh Ini Disebut-sebut Jadi Calon Menteri Jokowi
Panggil Menteri PU, Jokowi Ingin Monitor Pembangunan Infrastruktur di Daerah
Cak Imin: Kita Tak Berharap Pos Menteri Manapun, Semua Bergantung Presiden
PDIP Tegaskan Kongres V untuk Susun Pengurus DPP, Bukan Ganti Megawati
Jokowi Setuju Pansel Gandeng BNN dan BNPT Telusuri Rekam Jejak Capim KPK