Pencalonan Anies sebagai Capres Bakal Ubah Peta Koalisi

Pencalonan Anies sebagai Capres Bakal Ubah Peta Koalisi
NasDem deklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
NEWS | 4 Oktober 2022 07:30 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi diusung sebagai bakal calon presiden dari Partai NasDem. Langkah politik Ketua Umum NasDem Surya Paloh ini dinilai akan menggoyang partai lain dan peta koalisi Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menuturkan, pencalonan Anies sebagai calon presiden akan mengubah konstelasi politik. Diyakini salah satunya akan berdampak kepada PDI Perjuangan untuk mencari calon sepadan untuk menghadapi Anies.

"PDIP yang sangat mungkin akan kembali menggodok tokoh utamanya untuk menghadapi Anies, bagaimanapun Anies menjadi penantang yang cukup kuat untuk kalangan partai saat ini," jelas Dedi kepada wartawan, Selasa (4/10).

2 dari 3 halaman

Dampak bagi KIB

Sementara itu, Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa juga mempunyai perkiraan serupa. Koalisi-koalisi yang belum mengumumkan calon presiden yang akan diusung akan terdampak.

Dia mencontohkan kondisi KIB, di mana Golkar memang sudah memutuskan mencalonkan Airlangga Hartarto, tetapi koalisinya sendiri belum deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden.

"Koalisi partai politik lain seperti Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Gerindra-PKB, dan PDIP akan terpengaruh dengan pencalonan tersebut," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Efek Ekor Jas

Lebih lanjut, pencalonan capres lebih dini ini akan menguntungkan koalisi dan calon yang diusung. Koalisi yang ingin memenangkan pertarungan perlu mengumumkan lebih awal.

"Jika ingin memenangkan pertarungan elektoral maka perlu mengumumkan bacapres untuk kepentingan branding dan penerimaan publik," kata Herry.

Herry mengungkapkan langkah Partai Nasdem yang mengumumkan dukungannya untuk Anies Baswedan pada pemilu 2024 merupakan hal yang wajar dalam konteks demokrasi dan pemenangan Pemilu 2024. Nasdem sedang mengukur sekaligus mempersiapkan coattail effect elektoral bagi partainya.

"Bahwa kemudian Anies jadi capres Nasdem ini kan soal coattail effect elektoral bagi parpol juga karena elektabilitas Anies cukup konsisten di 3 besar," katanya.

(mdk/yan)

Baca juga:
Isu Tetapkan Anies Tersangka Kasus Formula E, KPK: Kenapa Takut Kalau Ada Bukti
Momen Pertemuan Jokowi dan Ganjar di Jateng saat NasDem Deklarasi Anies Capres
NasDem Usung jadi Capres, Anies Baswedan: Fokus Masih Urusan Jakarta
Anies Jadi Capres NasDem, PDIP: Jangan Gunakan Jabatan untuk Kepentingan Pribadi
PDIP Ogah Tanggapi NasDem Deklarasi Anies Jadi Capres
Anies Resmikan Pelabuhan Angke: Agar Penduduk di Kepulauan Setara dengan di Daratan
Sekjen NasDem: Anies Belum Dilengkapi Koalisi untuk Penuhi Syarat Pencapresan
NasDem Yakin Anies Baswedan Berjaya di Semarang

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini