Saat Ketum PAN Sapa Ridwan Kamil Sebagai Sahabat

Saat Ketum PAN Sapa Ridwan Kamil Sebagai Sahabat
Ridwan Kamil, Anies Baswedan dan Erick Thohir Hadiri Zulhas Award. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 29 Januari 2022 17:30 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyapa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai sahabat. Momen itu terjadi saat Zulhas, sapaan wakil ketua MPR itu, memberikan pidato kebudayaan dalam acara bertajuk Zulhas Award di Perpustakaan Nasional, Sabtu (29/1). Sapaan akrab itu diucapkan ketika Zulhas menyapa para tamunya.

"Gubernur Jawa Barat, sahabat saya Ridwan Kamil," ujar Zulhas.

Ridwan Kamil menjadi salah satu tamu yang diundang dalam acara penghargaan ini. Ridwan yang memakai jas berwarna biru gelap dan kopiah hitam itu duduk di kursi VVIP bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir. Namun, panggilan sahabat itu hanya ditujukan kepada Ridwan Kamil.

Zulhas mengatakan, ada maksud tertentu mengapa menyapa gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu dengan panggilan sahabat. Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut.

"Saya panggil sahabat ada maksudnya. Yang tahu Amanat Institute," sambungnya.

2 dari 2 halaman

PAN Lirik Ridwan Kamil

Sebelumnya diberitakan, Partai Amanat Nasional (PAN) menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil memiliki hubungan yang dengan partai berlambang matahari itu. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Ridwan Kamil merupakan sahabat dekat. Bahkan dianggap seperti saudara sendiri.

"Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dan Kang Emil adalah sohib dekat, teman dekat sejak lama. Makanya bagi PAN, Kang Emil kita anggap bukan orang lain, tetapi sudah menjadi saudara sendiri," ujar Viva kepada wartawan, Jumat (21/1).

Viva menuturkan, Zulkifli dan Ridwan juga beberapa kali bertemu dan berdiskusi membicarakan masa depan bangsa. Visi Ridwan juga dinilai cocok dan selaras dengan PAN.

"Makanya menurut saya, Kang Emil merasa at home bersama Bang Zul dan PAN," ucapnya.

PAN melihat Ridwan Kamil sebagai figur potensial untuk diusung sebagai calon presiden. Namun, apakah PAN akan mengusung Ridwan Kamil harus diputuskan dalam Rakernas.

"Nanti akan diputuskan oleh ketua umum PAN melalui forum Rakernas. Karena dari hasil Rakernas ke 1 PAN, Agustus 2021 lalu, memutuskan bahwa ketua umum PAN diberi kewenangan untuk menentukan langkah-langkah strategis di pilpres," ujar Viva.

"Saat ini kita masih terus menjalin komunikasi persaudaraan dengan Kang Emil," tutupnya.

Baca juga:
PAN: Ridwan Kamil Bukan Orang Lain, Sudah Jadi Saudara
Yusril Bertemu Zulhas, Bahas Peluang Koalisi Partai Islam untuk 2024
Mengenang Haji Lulung, Sosok Pengusaha dan Politisi Betawi Asal Tanah Abang
Namanya Tak Ada Huruf O, Ketum PAN Ogah Nyapres
Ketum PAN: Kita Kasih Karpet Biru ke Ridwan Kamil Jika Mau Gabung

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami