8 Tanda Awal Serangan Jantung yang Perlu Kamu Waspadai

SEHAT | 21 November 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Terjadinya penyakit atau serangan jantung merupakan suatu hal yang tidak diharapkan semua orang. Hal ini bisa berujung bahaya dan bahkan maut bagi penderitanya.

Serangan jantung merupakan salah satu kondisi kesehatan yang berbahaya dan tak bisa dikesampingkan. Oleh karena itu penting untuk memahaminya secara tepat secara keseluruhan.

Terdapat sejumlah hal yang bisa meningkatkan faktor risiko serangan jantung. Oleh karena itu, terdapat sejumlah hal yang bisa mencegah masalah kesehatan ini.

Mendeteksi kondisi dan gejala awal dari masalah ini bisa menurunkan risiko kematian dini karena masalah ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah gejala awal dari serangan jantung yang perlu kamu kenali dan waspadai.

1 dari 8 halaman

Detak Jantung Tak Beraturan

Detak jantung tak beraturan yang terjadi selama satu hingga dua menit bisa jadi tanda awal akan terjadinya serangan jantung. Pada wanita, hal ini biasanya muncul disertai kecemasan terutama pada wanita. Hal ini juga biasanya membuat seseorang menjadi pusing dan kelelahan.

2 dari 8 halaman

Keringat Berlebih

Seseorang yang memiliki risiko tinggi serangan jantung bisa berkeringat lebih dari normal pada siang dan malam hari. Hal ini bisa tampak seperti gejala flu yang muncul walau temperatur udara tak panas dan tidak banyak bergerak. Gejala ini umumnya hanya muncul pada wanita.

3 dari 8 halaman

Sakit Perut

Rasa sakit dan nyeri di perut biasa muncul pada 50 persen kasus serangan jantung baik pada pria dan wanita. Biasanya terjadi mual di perut serta rasa kembung yang terjadi seminggu sebelum serangan jantung. Jika gejala ini berhenti dan muncul kembali dalam waktu singkat, maka kamu perlu lebih untuk berhati-hati.

4 dari 8 halaman

Kelelahan

Gejala berupa kelelahan biasanya lebih rentan dialami oleh wanita dibanding pria. Biasanya hal ini juga memunculkan kelelahan yang luar biasa serta menurunnya energi dan motivasi.

5 dari 8 halaman

Masalah Pernapasan

Masalah pernapasan berupa dyspnea terjadi pada 40 persen kasus serangan jantung. Hal ini ditandai dengan kesulitan untuk menarik napas dalam-dalam dan memasukkan udara ke paru-paru. Hal ini biasa terjadi enam bulan sebelum serangan jantung terjadi.

6 dari 8 halaman

Insomnia

Banyak penderita serangan jantung mengalami insomnia sebelumnya. Mereka juga cenderung memiliki kecemasan yang tinggi serta konsentrasi yang kurang.

7 dari 8 halaman

Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu efek yang diketahui dari penuaan. Pada beberapa kasus, serangan jantung juga bisa menyebabkan terjadinya hal ini.

8 dari 8 halaman

Nyeri di Dada

Rasa nyeri yang muncul pada sejumlah bagian tubuh termasuk di dada bisa jadi tanda adanya serangan jantung. Walau begitu, posisi tepat dari masalah ini masih belum diketahui secara pasti.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi tanda awal adanya masalah jantung yang kamu alami. Segera waspadai jika mengalami sejumlah hal tersebut dan jika perlu berkonsultasilah dengan dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
9 Mitos Vs Fakta Pada Penyakit Jantung yang Jarang Diketahui
5 Penyakit Paling Mematikan di Indonesia, Mulai Jantung hingga Diabetes Militus
Tingkat Parahnya Depresi Seseorang Bisa Pengaruhi Penyakit Kardiovaskular
Layanan Pesan Antar Makanan jadi Penyebab Meningkatnya Penyakit Jantung di Indonesia
Dendy Mikes Meninggal, Dokter Spesialis Jantung Ingatkan untuk Periksa Kesehatan
Komunitas Pasien Diajak Berbagi Pengalaman dan Jadi Pahlawan Jantung