4 Hal yang Tanpa Kamu sadari Bisa Munculkan Masalah Nyeri Otot

4 Hal yang Tanpa Kamu sadari Bisa Munculkan Masalah Nyeri Otot
ilustrasi nyeri sendi. ©www.cbc.ca
SEHAT | 21 Mei 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Nyeri otot merupakan sebuah hal yang umum dialami baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Hal ini biasanya dialami pada sejumlah bagian tubuh tertentu.

Rasa nyeri yang menyerang tangan dan kaki ini merupakan sebuah hal yang bisa sangat mengganggu. Hal ini bisa membuatmu tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari terutama yang melibatkan fisik.

Kelelahan atau olahraga berlebih yang baru saja dilakukan bisa jadi penyebab munculnya masalah ini. Namun sejumlah hal lain juga bisa menyebabkan munculnya nyeri pada otot ini.

Beberapa hal yang kamu pikir tak berhubungan ternyata memiliki potensi membuatmu mengalami masalah nyeri otot. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang mungkin menyebabkan kamu mengalami nyeri otot.

2 dari 3 halaman
4 hal yang tanpa kamu sadari bisa munculkan masalah nyeri otot

Stres

Stres secara berlebihan tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan mental namun juga pada otot. Munculnya hormon stres membuatmu kesulitan untuk mengatasi masalah ini.

Seseorang yang sering stres mungkin sering merasa lelah dan otot mereka bakal nyeri karena tubuh kesulitas mengatasi peradangan. Ketika kamu mneghadapi terlalu banyak stres, maka kamu bakal sering mengalami nyeri otot ini.

Dehidrasi

Kurangnya air di dalam tubuh bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk nyeri otot. Selain menyebabkan nyeri otot, masalah lain yang mungkin kamu alami adalah sakit kepala, kelelahan, serta sejumlah masalah kesehatan lainnya.

3 dari 3 halaman
4 hal yang tanpa kamu sadari bisa munculkan masalah nyeri otot

Kurang Nutrisi

Vitamin dan mineral yang diperoleh oleh tubuh memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi tubuh. Kurangnya nutrisi yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya nyeri otot.

Kurang Tidur

Kurangnya tidur juga merupakan salah satu hal yang tanpa kamu sadari bisa menyebabkan munculnya nyeri otot. Ketika tubuh kurang beristirahat, maka akan timbul rasa lelah yang selanjutnya menyebabkan munculnya nyeri otot.

Selain sejumlah masalah tersebut, sejumlah penyakit seperti anemia, dermatomyositis, fibromyalgia, lupus, dan penyakit lyme bisa menyebabkan nyeri otot. Namun jika rasa nyeri ini tak kunjung hilang, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

(mdk/RWP)

Baca juga:
4 Tips Jaga Stamina Tetap Prima saat Mudik
5 Cara bagi Pasien Hipertensi Jaga Kesehatan di Saat Lebaran
5 Cara Tetap Berenergi Walau Menjalani Puasa Seharian
Cegah Kelelahan saat Bekerja, Ini 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan
5 Cara Mengisi Ulang Energi Jika Kamu Merasa Lelah Sepanjang Waktu
7 Tanda Bahwa Kamu Butuh Istirahat dari Rutinitas Olahraga yang Dilakukan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami