Jangan Terlalu Terpaku COVID-19, Waspadai Penyakit Lain pada Anak

Jangan Terlalu Terpaku COVID-19, Waspadai Penyakit Lain pada Anak
Ilustrasi anak sakit. ©Shutterstock/wavebreakmedia
SEHAT | 25 November 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Masa pandemi COVID-19 seperti sekarang membuat semua orang menjadi takut dan waspada ketika ke rumah sakit. Walau begitu, ketika anak sakit, orangtua masih tetap perlu waspada terhadap adanya penyakit lain.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengingatkan orangtua agar tetap mewaspadai gejala penyakit lain selain COVID-19. Orangtua juga diimbau untuk tidak boleh terlalu takut membawa anak ke rumah sakit atau layanan kesehatan jika sakit.

Dokter spesialis anak Yogi Prawira, Ketua Satgas COVID-19 IDAI mengatakan, selama masa pandemi, orangtua juga harus belajar untuk mengenali kapan waktu yang tepat untuk membawa anak ke rumah sakit.

"Orangtua harus belajar menjadi dokter, mengenali tanda-tanda kegawat daruratan awal, kapan harus segera ke rumah sakit dan tidak boleh ditunda-tunda," kata Yogi dalam dialog virtual dari Graha BNPB, Jakarta beberapa waktu lalu.

Yogi mencontohkan, salah satu gejala penyakit yang harus diwaspadai adalah demam lebih dari tiga hari selama berturut-turut. Hal ini bisa jadi pertimbangan orangtua untuk segera membawa anak ke rumah sakit.

"Karena ternyata, banyak peningkatan kejadian anak sakit sampai harus dirawat, bahkan beberapa tidak bisa dirawat, karena keterlambatan," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Penyakit Bukan Hanya COVID-19...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami