Sejumlah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memasak Daging Agar Lebih Sehat

Sejumlah Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memasak Daging Agar Lebih Sehat
Ilustrasi daging. ©Pixabay
SEHAT | 5 Juli 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Daging merupakan salah sumber protein utama untuk kehidupan kita sehari-hari. Baik dari daging merah, putih, maupun ikan, daging juga memiliki sejumlah kandungan yang menyehatkan.

Walau bisa menyehatkan, namun kamu juga perlu hati-hati dalam mengonsumsinya; Cara konsumsi yang tidak sehat malah bisa membuat daging menjadi tidak sehat.

Masalah lain juga bakal muncul ketika mengonsumsi daging yang terlalu berlemak. Pada daging ayam, hal ini terjadi ketika kamu mengonsumsinya bersama dengan kulitnya.

Cara memasak yang tepat bisa membuat daging menjadi lebih sehat. Dilansir dari Healthsite, berikut sejumlah cara sehat untuk memasak daging.

2 dari 4 halaman

Pilih yang Memiliki Sedikit Lemak

Ketika sedang berbelanja daging, pilih yang memiliki sedikit lemak. Pasalnya, kandungan lemak tinggi dalam daging telah lama dikaitkan dengan peningkatkan risiko penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Pada daging ayam, sebisa mungkin hindari kulitnya terutama pada jenis broiler. Pasalnya, terdapat lemak yang tersembunyi dari kulit ayam.

3 dari 4 halaman

Gunakan Sedikit Garam

ilustrasi daging sapi
eatthis.com

Saat membumbui daging, pilih rempah-rempah alami daripada bumbu kemasan yang mengandung banyak garam tersembunyi. Selain itu, ketika menambahkan garam, pastikan hanya menuangkan dalam jumlah sedikit.

4 dari 4 halaman
sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memasak daging agar lebih sehat

Masak dengan Sedikit Minyak

Ketika memasak, gunakan sedikit minyak atau mentega saat memasaknya pasalnya, daging juga sudah mengandung lemak. Menambahkan mentega atau minyak, malah akan melipatgandakan jumlah lemak di dalamnya.

Daging, baik daging merah atau daging putih, tinggi dengan zat besi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuhmu. Manfat maksimal dari daging bisa diperoleh ketika kamu mengolahnya secara sehat. (mdk/RWP)

Baca juga:
Makan Sambil Nonton TV, Ini Sejumlah Hal yang Bakal Kamu Alami
Pentingnya Orangtua Mengetahui Nutrisi bagi Si Kecil di Usia Prasekolah
5 Dampak yang Dialami oleh Tubuhmu saat Minum Kopi Susu Setiap Hari
Penyebab Mengapa Mengiris Bawang Bisa Buat Kita Jadi Menangis
6 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Minum Air Putih saat Bangun Tidur

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini