5 Manfaat Investasi Emas yang Penting Diketahui, Harga Selalu Stabil

5 Manfaat Investasi Emas yang Penting Diketahui, Harga Selalu Stabil
Ilustrasi emas. ©2014 Merdeka.com/www.topgoldinvestment.com
SUMUT | 28 Juli 2022 15:59 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Sepanjang sejarah, emas telah menjadi komoditas populer dan digunakan sebagai mata uang di masa lalu. Saat ini, emas adalah simbol status dan pilihan investasi yang disukai.

Investasi emas cukup lazim di Indonesia. Berinvestasi dalam emas terkait dengan kebiasaan sosial dan menjadi kebanggaan tertentu memilikinya. Ada banyak manfaat memilih emas sebagai investasi karena dikenal untuk melindungi investasi Anda dalam jangka panjang.

Orang-orang di seluruh dunia percaya pada teori ini dan semua orang bergantung pada emas ketika aset lain tidak menawarkan stabilitas. Anda tidak perlu memiliki terlalu banyak pengetahuan keuangan untuk berinvestasi dalam emas karena orang telah melakukan ini selama berabad-abad.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum manfaat investasi emas yang penting untuk diketahui:

2 dari 3 halaman

Dapat Melindungi Terhadap Risiko Inflasi

Manfaat investasi emas yaitu dapat melindungi terhadap risiko inflasi. Ketika berbicara tentang investasi, ada satu hal yang perlu dipahami karena dapat membunuh investasi Anda dalam jangka panjang.

Ini adalah inflasi dan ini adalah tingkat di mana uang kehilangan nilainya selama bertahun-tahun. Mempertimbangkan faktor ini, Anda tidak boleh memiliki investasi tunai karena akan terdepresiasi nilainya terutama dalam ekonomi yang sedang tumbuh.

Anda malah dapat mencoba berinvestasi dalam emas atau aset aman lainnya yang akan melindungi Anda dari risiko inflasi. Telah diketahui bahwa emas telah mengungguli tingkat inflasi selama bertahun-tahun dan akan dapat mengurangi risiko Anda dengan margin yang besar dengan memiliki beberapa tabungan emas.

Ini telah menjadi investasi favorit jutaan orang di seluruh negeri dan tidak akan pernah menyesal berinvestasi dalam emas dalam jangka panjang. Anda dapat mencoba memahami pasar dengan melacak tarif untuk beberapa durasi.

Bila Anda ingin mengetahui harga emas hari ini dari pasar, Anda dapat menggunakan portal online yang menyediakan informasi tentang komoditas tersebut. Ini akan membantu Anda untuk memantau fluktuasi di pasar dan Anda dapat memulai investasi secara sistematis.

Cara yang Baik untuk Menyimpan Uang untuk Masa Depan

Menyimpan uang untuk masa depan sangat penting ketika Anda memiliki penghasilan tetap. Namun, Anda mungkin tidak dapat menginvestasikan sejumlah kecil uang ketika memilih real estat sebagai investasi Anda.

Dalam hal ini, hal sederhana yang dapat dilakukan adalah berinvestasi dalam emas fisik. Ini akan melindungi uang untuk masa depan dan Anda juga akan bisa mendapatkan pengembalian yang baik dalam jangka panjang.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah membeli koin emas yang disediakan oleh bank karena mereka datang dengan jaminan kualitas. Anda harus membayar harga yang sedikit lebih tinggi daripada harga pasar untuk barang ini karena dilengkapi dengan sertifikat keasliannya. 

3 dari 3 halaman

Mudah Dibeli dan Sangat Mudah Dijual di Pasar

Anda dapat dengan mudah membeli emas fisik dari toko perhiasan mana pun di lingkungan Anda. Namun, masuk akal untuk membelinya dari toko perhiasan terpercaya yang dapat memberikan sertifikat jaminan pada produk.

Perhatikan bahwa bahkan bank menjualnya dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan koin emas dari mereka. Keuntungan terbesar membeli dari sumber terkenal adalah Anda akan mendapatkan kualitas asli tanpa risiko apa pun dan Anda juga akan memiliki tanda terima yang tepat untuk referensi Anda di masa mendatang.

Anda dapat memeriksa harga emas hari ini dari sumber terpercaya dan membelinya dari sumber tersebut. Dalam hal penjualan, Anda dapat memilih toko perhiasan lokal karena mereka akan menjadi sumber termudah dalam hal ini.

Ingatlah bahwa emas selalu diminati dan Anda tidak perlu khawatir untuk melikuidasi aset Anda dalam bentuk emas. Anda akan mendapatkan uang tunai langsung saat menjualnya di pasar melalui toko perhiasan atau pedagang lokal.

Jika tidak ingin menjualnya, Anda bahkan dapat menjaminkannya dan mengambil pinjaman dari berbagai lembaga keuangan. Kebanyakan orang memilih opsi seperti itu ketika mereka memiliki emas dalam bentuk perhiasan dan mereka biasanya membelinya kembali ketika mereka memiliki cukup uang di masa depan.

Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Bagian terbaik tentang manfaat investasi emas adalah tidak memerlukan perawatan dari pemilik dan dapat dengan mudah menyimpannya di tempat yang aman selama ratusan tahun.

Bayangkan jika Anda telah menginvestasikan uang di sebuah properti, Anda harus menjaganya dengan baik dan ini bisa sangat melelahkan jika Anda sibuk dengan profesi Anda. Di sisi lain, Anda dapat membeli emas dengan aman dan menyimpannya di loker Anda selama bertahun-tahun tanpa perlu perawatan apa pun.

Stabilitas Harga adalah Keuntungan Tambahan

Jika dibandingkan dengan opsi lain di pasar, harga emas agak stabil dan tidak turun dengan margin besar bahkan selama krisis.

Faktanya, setiap kali ada krisis di pasar keuangan, orang beralih ke investasi emas dan harga melonjak dalam waktu singkat.

Jika Anda membandingkan ini dengan pasar ekuitas, harga saham apapun bahkan bisa mencapai nol ketika ada berita negatif tentang perusahaan tersebut. Ini tidak akan pernah terjadi dengan emas dan akan selalu memiliki nilainya di pasar.

Ini terbukti sejak berabad-abad dan emas selalu menjadi pilihan utama investor karena stabilitas harganya. Anda dapat memeriksa kurs emas hari ini dari sumber mana pun dan melacaknya selama beberapa hari. Anda akan memahami fluktuasi harga dengan mudah dengan cara ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat sejarah harga emas selama bertahun-tahun dan selalu memiliki stabilitas yang baik bahkan selama krisis keuangan global.

Dapat Diwariskan dengan Mudah ke Generasi Berikutnya

Manfaat investasi emas berikutnya, Anda dapat dengan mudah mewariskan aset ini kepada generasi berikutnya. Seperti yang Anda perhatikan, kebanyakan orang memberikan perhiasan emas untuk anak-anak mereka selama pernikahan dan acara penting lainnya dalam hidup.

Ini juga bisa menjadi pilihan yang baik ketika Anda ingin menyimpan uang dalam emas dan akan dapat melindungi uang untuk kebutuhan masa depan. Anda bahkan dapat memberikannya kepada anak-anak Anda ketika mendistribusikan aset Anda dan ini akan berguna untuk masa depan mereka.

Itu tidak kehilangan kemilaunya bahkan setelah beberapa dekade dan nilai pasar akan tetap sama terlepas dari usianya.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini