5 Manfaat Madu Putih Bagi Kesehatan, Pereda Batuk hingga Atasi Masalah Pencernaan

5 Manfaat Madu Putih Bagi Kesehatan, Pereda Batuk hingga Atasi Masalah Pencernaan
Ilustrasi madu. Shutterstock/Africa Studio
SUMUT | 2 September 2020 18:01 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Madu adalah salah satu obat rumahan yang paling populer digunakan semua orang untuk mengatasi berbagai gejala penyakit maupun menjaga kebugaran tubuh. Berbagai macam bunga memberikan warna dan rasa yang berbeda pada madu.

Madu putih adalah salah satu warna berbeda yang dihasilkan lebah di Hutan Kiawe Hawaii. Namun, melalui proses yang disebut kristalisasi terkontrol, produsen madu juga dapat membuat madu olesan yang ideal untuk roti panggang, pancake, dan muffin dengan karakteristik rona putih krem yang sama seperti madu Kiawe.

Madu putih murni, meskipun langka dan tidak tersedia di seluruh dunia, dipanen di Hutan Kiawe dari akar pohon Kiawe yang dalam di pulau Hawaii. Kondisi hutan Kiawe yang berpasir dan seperti gurun sangat ideal bagi lebah untuk mengumpulkan nektar mereka.

Madu Kiawe mengkristal secara alami, menciptakan warna putih seperti mutiara dengan rasa dan krim yang luar biasa. Madu putih umumnya memiliki rasa yang lebih lembut dibandingkan dengan madu yang lebih gelap. Bunga yang menghasilkan madu putih antara lain:

• Sage
• Alfalfa
• fireweed
• Semanggi putih

Madu putih tidak terlihat putih. Sebaliknya warnanya kuning sangat terang atau warna "putih-air" yang hampir jernih.

Berikut manfaat madu putih bagi kesehatan yang dilansir dari Healthline:

2 dari 4 halaman

1. Kaya antioksidan

ilustrasi lebah

©2014 Merdeka.com/rawstory.com

Manfaat madu putih yang pertama yaitu khasiatnya yang kaya antioksidan. Madu putih mentah mengandung antioksidan yang disebut flavonoid dan senyawa fenolik.

Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas.
Radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Mereka juga dapat menambah risiko kondisi kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Studi menunjukkan bahwa polifenol dalam madu, terutama madu alami mentah, dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung.

Jika Anda sedang mencari pengganti gula, madu memberikan opsi yang lebih sehat untuk memuaskan rasa manis Anda sambil menambahkan antioksidan ekstra ke dalam makanan Anda. Madu putih memiliki rasa yang ringan, membuatnya ideal untuk dipanggang atau dikudap.

3 dari 4 halaman

2. Pereda batuk

ilustrasi batuk©medicalnewstoday.com

Manfaat madu berikutnya yaitu dapat digunakan sebagai pereda batuk. Madu ini juga telah digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Ketika Anda sedang batuk atau pilek, coba tambahkan madu ke teh panas dengan lemon.

Sebuah studi di Jurnal Pengobatan Pelengkap dan Alternatif menemukan bahwa untuk mengobati batuk, madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan, bahan obat batuk yang dijual bebas. Anda juga bisa makan 1 atau 2 sendok teh madu mentah dengan satu sendok.

3. Sebagai fitonutrien pelindung

Fitonutrien adalah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang membantu melindungi tumbuhan dari bahaya. Mereka menjaga tanaman aman dari serangga dan penyakit serta melindungi tanaman dari radiasi UV yang keras.

Senyawa ini memiliki manfaat antioksidan dan anti-inflamasi. Mereka juga dapat berdampak positif pada kesehatan Anda. Manfaat madu putih dikemas dengan kandungan fitonutriennya yang terbuat dari tumbuhan. Nutrisi berharga ini unik untuk madu mentah dan dihancurkan saat madu diproses secara berat.

4 dari 4 halaman

4. Perawatan kulit dan penyembuhan luka

kecil©www.wikihow.com

Manfaat madu putih juga telah digunakan sepanjang sejarah sebagai cara untuk menyembuhkan luka kulit. Saat ini, Anda juga bisa menemukannya sebagai bahan dalam produk kecantikan.

Penelitian menunjukkan bahwa madu mentah dapat membunuh bakteri dan jamur berbahaya. Hal ini secara alami mengandung hidrogen peroksida, antiseptik.

5. Meringankan masalah pencernaan

Secara historis, madu telah digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan bisul. Tukak lambung terjadi di lambung atau sistem pencernaan. Mengonsumsi 1 hingga 2 sendok teh madu mentah saat perut kosong dikatakan dapat meredakan nyeri dan membantu proses penyembuhan.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ini mungkin membantu, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

Risiko madu mentah

Madu mentah memang memiliki risiko karena kandungan mikrobanya. Itu dapat menyebabkan botulisme, yaitu penyakit serius yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Anak-anak di bawah usia satu tahun tidak boleh diberikan madu mentah dalam bentuk apa pun dan orang dewasa yang memiliki sistem kekebalan yang lemah juga harus menghindarinya.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami