Contoh Resensi Buku Fiksi yang Baik dan Benar, Perhatikan Hal Berikut

Contoh Resensi Buku Fiksi yang Baik dan Benar, Perhatikan Hal Berikut
Ilustrasi buku. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/monticello
SUMUT | 19 Mei 2022 11:53 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Resensi berasal dari bahasa bahasa Latin, yaitu revidere atau resencere. Kata tersebut berarti melihat kembali, menimbang, atau menilai. Pada umumnya resensi merupakan salah bentuk artikel yang khusus membahas suatu isi buku seperti yang dikutip dari repository.uksw.edu.

Tidak ada cara yang tepat untuk menulis resensi buku. Resensi buku sangat pribadi dan mencerminkan pendapat resensi. Sebuah resensi bisa sesingkat 50-100 kata, atau sepanjang 1500 kata, tergantung tujuan resensi.

Resensi buku fiksi biasanya ditugaskan kepada siswa untuk memungkinkan mereka menunjukkan pemahaman yang jelas tentang novel. Untuk memeriksa apakah siswa telah benar-benar membaca buku tersebut.

Seperti apa contoh resensi buku fiksi dan bagaimana langkah-langkahnya? Berikut merdeka.com merangkumnya di bawah ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Mudah Resensi Buku Fiksi

Sebelum membaca contoh resensi buku fiksi, ada baiknya untuk mengetahui langkah-langkah meresensi buku fiksi.

Fokus utama dari resensi fiksi adalah keterampilan penulis dalam menyusun cerita yang menarik. Keberhasilan sebuah novel atau cerita pendek dapat diukur, sebagian, dengan seberapa baik teks menarik pembaca ke dalam plot dan karakter. Saat menulis ulasan fiksi, kamu harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Cerita tentang apa?

Biasanya, peristiwa dalam cerita disebut sebagai plot. Resensimu tentang itu harus mencakup perkembangan utama tanpa mengungkapkan akhir kepada pembaca resensimu. 

Kamu juga bisa memberikan komentar evaluatif pada plot. Apakah itu menarik? Jika ya, jelaskan apa yang membuatnya demikian. Jika tidak, bagikan itu di resensimu.

  • Siapa saja karakternya? 

Luangkan waktu untuk mengidentifikasi karakter utama dan apa yang membuat mereka mudah diingat. Apakah mereka bisa dipercaya dan menyakinkan bagi pembaca? Apakah mereka terasa nyata? 

Apakah penggambaran penulis tentang mereka membangkitkan simpati? Kamu mungkin ingin mengidentifikasi karakter favoritmu dan menjelaskan alasannya.

  • Seperti apa gaya penulisnya? 

Kamu juga bisa menulis tentang gaya penceritaan penulis, penggunaan bahasa, dan kualitas citra. Karya-karya fiksi dengan plot yang disajikan dengan sempurna dapat dirusak oleh penggunaan bahasa yang kikuk atau tulisan yang tuli nada

Jika kamu menemukan ini dalam buku fiksi yang kamu pilih, pastikan untuk mengidentifikasi kekurangan ini dalam ulasanmu.

3 dari 3 halaman

Contoh Resensi Buku Fiksi

Berikut contoh resensi buku fiksi yang dilansir dari Reedsy Discoverymengulas karya Michael Doane yang berjudul The Crossing:

Judul Buku : The Crossing

Nama Penulis : Michael Doane

Penerbit & Tahun Terbit : Kalmia Books (2016)

Genre: Young Adult

Cover Buku (hasil scan) :

Dalam novel debut Doane, seorang pemuda memulai perjalanan penemuan jati diri dengan hasil yang mengejutkan.

Seorang protagonis yang tidak disebutkan namanya (Narator) sedang menghadapi patah hati. Cintanya, bertekad untuk melihat dunia, berangkat ke Portland, Oregon. Tapi dia anak kota kecil yang jarang bepergian. Jadi, narator berduka atas kehilangannya dan bersembunyi dari kehidupan, melemparkan dirinya ke dalam rehabilitasi sebuah sepeda motor tua. Sampai suatu hari, dia melakukan lompatan; dia mengemasi sepedanya dan beberapa barang miliknya dan pergi mencari Gadis itu.

Mengikuti jejak Jack Kerouac dan William Least Heat-Moon, Doane menawarkan kisah tentang seorang pria yang menemukan dirinya di jalan belakang Amerika. Doane adalah seorang penulis berbakat dengan prosa yang mengalir dan pengamatan yang mendalam, menggunakan interaksi pribadi Narator untuk menerangi keragaman Amerika Serikat.

Narator awalnya berpegang pada jalan raya, berusaha mencapai Pantai Barat secepat mungkin. Tetapi seorang pengendara sepeda bernama Duke meyakinkannya untuk keluar dari jalur yang sudah umum dan menikmati perjalanannya. “Tidak ada tempat yang seperti yang lain,” [39] Dukes membantah, dan Narator menyadari bahwa dia benar. Tiba-tiba, perjalanannya adalah tentang perjalanannya, bukan hanya tujuannya. Narator membuang truknya dan melintasi gurun dan pegunungan dengan sepedanya. Dia menghancurkan ponselnya, memutuskan hubungan dengan masa lalunya dan hidup hanya pada saat ini.

Saat ia melintasi negeri, Narator terhubung dengan beberapa kepribadian unik yang pengalaman dan pandangannya sangat memengaruhi pribadinya. Duke, koboi dan drifter yang rumit, yang membuka mata The Narator ke dunia yang lebih besar. Zooey, pelayan di Colorado yang membuka hatinya dan mengingatkannya bahwa cinta dapat ditemukan di dunia yang besar ini. Dan Rosie, nyonya rumah The Narator yang manis di Portland, yang membantunya kembali bersatu baik secara fisik maupun emosional.

Karakter pendukung ini sangat baik. Duke, khususnya, memiliki nuansa yang luar biasa dan rumit. Dia mundur ke waktu lain, seorang pria tanpa ponsel yang membaca Sartre dan tidur di bawah bintang-bintang. Namun dia juga seorang yang lebih kasar dengan sikap "cintai mereka dan tinggalkan mereka" yang merugikan orang-orang di sekitarnya. Sungguh menarik menyaksikan Narator bergumul dengan perilaku Duke, mencoba menentukan mana yang akan dijadikan model dan mana yang harus dibuang.

Doane menciptakan protagonis terkait di Narator, yang perkembangan pribadinya tidak menghapus kesalahannya. Kesediaannya untuk memulai dengan sedikit sumber daya sangat mengagumkan, dan dia cukup pandai untuk mengenali kecemburuan mereka yang tidak dapat atau tidak akan mengambil lompatan. Pertemuannya dengan makanan, tempat, dan orang baru memperluas wawasannya. Namun ketidakdewasaan dan keegoisannya tetap ada. Dia memberi tahu Rosie bahwa dia telah menjadi ibu yang baik baginya tetapi memilih untuk mengabaikan perhatian berkelanjutan dari orang tuanya sendiri karena dia secara efektif menghilang dari kehidupan lamanya.

Terlepas dari kekurangannya, menyenangkan bisa menemani Narator dalam perjalanan fisik dan emosionalnya. Akhir yang tak terduga adalah penutup yang pas untuk perjalanan darat yang epik dan berkesan.

(mdk/amd)

Baca juga:
Buku-buku Terlarang Kelompok Teroris Isinya Mengerikan, Polisi & TNI Harus Hati-Hati
5 Cara Membuat Cover Buku yang Unik dan Menarik, Mudah Dilakukan
Viral Perpus Keliling Ramai Pembaca, Bukti Minat Baca Anak Indonesia Masih Tinggi
Resensi adalah Kegiatan Mengulas Sebuah Karya, Berikut Jenis-jenisnya
Tujuan Resensi, Pengertian, Unsur, Beserta Contohnya
Pengertian Resensi Sebagai Pandangan Terhadap Buku, Kenali Tujuan dan Strukturnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami