Cara Kemenparekraf Genjot Industri Kreatif, Game dan Film Terus Didorong
Langkah-langkah ini guna mendorong ekonomi kreatif di Indonesia semakin semarak.
Langkah-langkah ini guna mendorong ekonomi kreatif di Indonesia semakin semarak.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendukung industri kreatif Indonesia dengan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya Kemenparekraf mengumumkan kerja samanya dengan Prime Video untuk membuat konten-konten lokal mendunia.
“Kemitraan ini strategis, untuk menciptakan suatu kolaborasi yang memperluas jangkauan distribusi cerita-cerita lokal, konten lokal, ke dunia dan kancah internasional untuk mendorong kreativitas sineas,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.
Sementara itu, Prime Video memandang Indonesia sebagai negara berkriteria lengkap untuk kerja sama. Director Prime Video Southeast Asia David Simonsen mengungkapkan bahwa Prime Video memilih bekerja sama dengan Indonesia karena keragamannya.
Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang menawarkan cerita, sejarah, dan kebudayaan yang sangat beragam. Namun, Prime Video mengaku masih kesulitan mencari talent.
“Kita ingin sekali mendapatkan lebih banyak talent lagi. Bukan hanya orang yang ada di depan layar, tetapi juga di balik layar,” jelas Senior Development Executive Prime Video, Tina Arwin.
Menurutnya, hal ini sangat diperlukan dan pihak Prime Video telah berusaha untuk menjalin kerja sama dengan berbagai sineas dan pembuat film di Indonesia.
Oleh karena itu, Prime Video tidak hanya akan bekerja sama dalam bidang produksi. Mereka juga akan melakukan mentoring dan pelatihan produksi film ke beberapa pembuat film.
ADKI (Asosiasi Desa Kreatif Indonesia) dan IeSPA (Indonesia Esports Association) telah menandatangani MoU kerja sama untuk mengembangkan desa kreatif esports.
Hal ini dilakukan untuk menyalurkan potensi gaming di Indonesia menjadi sebuah ekosistem yang dapat membantu ekonomi kreatif. Jumlah gamers aktif di Indonesia ada sekitar 62 juta.
Angka sebanyak itu tentu mampu menjadi kontributor ekonomi yang besar pula. Bahkan menurut proyeksi tahun 2028, Indonesia dapat menghasilkan sekitar Rp6 triliun dari game online.
Oleh karena itu, pengembangan desa kreatif esports dilakukan untuk memicu potensi gaming di Indonesia ke arah yang jauh lebih maju.
Bukan hanya mencari player atau atlet esport saja, tetapi pekerjaan-pekerjaan lainnya seperti event organiser dan komentator esport juga dapat lebih banyak tercipta.
“Industri kreatif Indonesia sebetulnya punya masa depan yang luar biasa cerah," kata Ganjar.
Baca SelengkapnyaWakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni menilai industri kreatif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pembangunan ekonomi kreatif.
Baca SelengkapnyaPenghargaan yang diberikan itu terdiri dari beberapa nominasi. Mulai ekraf kuliner, film dan seni pertunjukan.
Baca SelengkapnyaBentuk pendanaan yang diberikan merupakan bukti keterlibatan pemerintah dalam menyokong industri teknologi Tanah Air.
Baca SelengkapnyaKerja sama lintas sektor dan kemitraan sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Baca SelengkapnyaHal ini dilakukan dalam rangka hilirisasi hasil bumi.
Baca SelengkapnyaGanjar ingin pengembangan industri kreatif tidak berbelit hingga tak ada korupsi.
Baca SelengkapnyaDi Indonesia kasus kanker paru-paru banyak ditemukan pada usia produktif sekitar 40 tahun.
Baca SelengkapnyaBerbagai pelarangan soal industri hasil tembakau memberatkan industri kreatif dan periklanan.
Baca Selengkapnya