Ini Jenderal TNI Terbanyak Jabat Panglima, Satu-satunya dalam Sejarah RI Hingga Kini

Ini Jenderal TNI Terbanyak Jabat Panglima, Satu-satunya dalam Sejarah RI Hingga Kini
Prajurit saat mengikuti parade upacara peringatan HUT TNI. Liputan6 ©2021 Merdeka.com
TRENDING | 7 Oktober 2021 09:11 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Mengemban jabatan sebagai panglima komando di TNI adalah sebuah pencapaian prestasi yang diimpikan oleh para prajurit TNI. Seperti diketahui, di Indonesia jabatan dengan sebutan panglima tak hanya untuk panglima TNI.

Sebutan Panglima dalam jabatan TNI juga ada pada Pangdam, Pangkostrad. Bahkan pada era awal kemerdekaan banyak juga jabatan di TNI yang memakai sebutan panglima.

Namun tahukah Anda ada seorang jenderal TNI yang pernah menempati jabatan panglima hingga delapan kali? Bahkan jumlah tersebut disebut terbanyak yang pernah diduduki oleh seorang jenderal TNI dan satu-satunya dalam sejarah RI.

Siapakah jenderal TNI tersebut? Simak informasi selengkapnya.

2 dari 4 halaman

8 Kali Menjabat Panglima

pelantikan soeharto
Pelantikan Soeharto, rosodaras.wordpress.com

Sebelum menjabat Presiden kedua RI, Jenderal Besar TNI Soeharto merupakan perwira tinggi di TNI. Sejumlah jabatan penting pernah diembannya di TNI.

Dia tercatat pernah menduduki jabatan panglima komando di TNI sebanyak delapan kali. Berikut jejak perjalanan Soeharto menjabat sebagai panglima komando sebanyak delapan kali, dilansir dari kanal soeharto.co:

  1. PANGLIMA Tentara Teritorium IV Diponogoro (1956).
  2. PANGLIMA Korp Tentara I Caduad (1 Oktober 1961).
  3. PANGLIMA Komando Pertahanan Udara Angkatan Darat/Kohanudad (1961).
  4. PANGLIMA Komando Mandala (1 Januari 1962), dalam aksi Pembebasan Irian Barat.
  5. PANGLIMA Komando Strategis Angkatan Darat/Kostrad (1963).
  6. PANGLIMA Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (1965)
  7. PANGLIMA Angkatan Darat (1965)
  8. PANGLIMA Tertinggi (1968)
3 dari 4 halaman

Karier Soeharto di Militer

jenderal besar soeharto dikawalInstagram @jejaksoeharto ©2021 Merdeka.com

Soeharto menapaki dunia militer sejak menempuh pendidikan di Gombong, Jawa Tengah. Kala itu ia tamat sebagai lulusan terbaik dan menerima pangkat kopral.

Bahkan hebatnya lagi, Soeharto terpilih jadi prajurit teladan di Sekolah Bintara, Gombong, serta resmi sebagai anggota TNI pada 5 Oktober 1945.

Saat Perang Dunia II bergejolak tahun 1942, Soeharto dikirim ke Bandung untuk menjadi tentara cadangan di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) selama seminggu.

Setelah berpangkat sersan dari tentara KNIL Belanda, Soeharto kemudian menjadi komandan peleton, komandan kompi di militer yang disponsori Jepang dikenal sebagai tentara PETA, komandan resimen dengan pangkat mayor, serta komandan batalyon berpangkat letnan kolonel.

4 dari 4 halaman

Jabatan Panglima Para Tokoh Besar

potret jenderal soedirman dilantik presiden soekarnoPotret Jenderal Soedirman Dilantik Presiden Soekarno, Instagram sejarahnusantara45 ©2021 Merdeka.com

Selain Soeharto, ada sejumlah tokoh TNI yang pernah menduduki jabatan panglima komando di TNI. Mereka adalah senior ataupun junior Soeharto di TNI. Meski begitu, Soeharto paling banyak menempati jabatan panglima komando hingga delapan kali. Berikut daftarnya.

1. Jenderal Besar Soedirman

Jenderal Besar Soedirman dikenal sebagai 'Bapak TNI'. Pria yang terkenal saleh dan taat beragama ini pernaj mengemban tugas sebagai panglima sebanyak dua kali, yakni Panglima Divisi V dan Panglima Besar.

2. Jenderal Ahmad Yani

Jenderal Ahmad Yani mengalami satu kali menjabat Panglima yaitu Menteri Panglima Angkatan Darat. Sama dengan Jenderal Benny Murdani, yang juga satu kali menjabat sebagai Panglima ABRI.

3. Jenderal Besar AH Nasution

Sementara Jenderal Besar Nasution yang disebut sebagai 'Bapak Angkatan Darat' oleh Letnan Jenderal KKO-AL Ali Sadikin, pernah memangku jabatan sebagai Panglima sebanyak dua kali, yakni Panglima Siliwangi dan Panglima Komando Jawa.

4. Jenderal M Yusuf

Kemudian ada tokoh besar Jenderal M Yusuf yang pernah menjadi Panglima ABRI merangkap Menteri Pertahanan dan Keamanan. Dirinya tiga kali menjadi Panglima, yaitu Panglima Kodam Sriwijaya, Panglima Kodam Jaya, dan Panglima ABRI.

5. Letnan Jenderal Himawan Sutanto

Tokoh dengan jabatan Panglima terbanyak selanjutnya ada Letjen Raden Himawan Soetanto yang telah lima kali menjadi Panglima. Ia pernah mengemban amanat menjadi Panglima Sriwijaya, Panglima Siliwangi, Panglima Komando Strategis Cadangan Angkatan Darat (Kostrad), Panglima Kostranas, Panglima Komando Wilayah Pertahanan (Pangkowilhan) III.

(mdk/kur)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami