Lama Tak Terdengar, Begini Kehidupan Mark Sungkar Mertua Tengku Wisnu Sekarang

Lama Tak Terdengar, Begini Kehidupan Mark Sungkar Mertua Tengku Wisnu Sekarang
Mark Sungkar. ©2013 Merdeka.com/imam buhori
TRENDING | 27 Agustus 2020 11:07 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Tak lagi aktif di industri hiburan Tanah Air, artis kawakan Mark Sungkar memilih untuk meninggalkan hiruk pikuk Ibu Kota dan memilih untuk tinggal di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Mertua Teuku Wisnu itu kini tengah menikmati kegiatannya menjadi petani dan peternak. Memasuki usianya yang ke-71, nampaknya Mar Sungkar lebih senang menghabiskan waktunya dengan hal-hal yang berbau alam. Berikut informasi selengkapnya:

2 dari 6 halaman

Mark Sungkar Putuskan Tinggal di Bogor

kabar mark sungkar

Youtube/TV Tani Indonesia ©2020 Merdeka.com

Setelah berpisah dari Fanny Bauty pada tahun 2010 silam, Mark Sungkar telah memutuskan untuk menikah lagi dengan Santi Asoka Mala pada tahun 2014 dan memilih untuk meninggalkan Jakarta, lalu tinggal di kawasan Puncak, Bogor.

Kini, ia disibukkan dengan kegiatan barunya mengurus pertanian hidroponik dan akuaponik yang dijalankan di sekitar termpat tinggalnya yang diberi nama MSF (Mark Sungkar Farm).

"Hidup saya sama alam begini," kata Mark Sungkar.

3 dari 6 halaman

Budidaya Tanaman Organik

kabar mark sungkar
Youtube/TV Tani Indonesia ©2020 Merdeka.com


Dilansir dari video yang diunggah di kanal Youtube TV Tani Indonesia, Mark Sungkar terlihat menunjukkan kebun tanaman organik miliknya. Dalam kebunnya, ia menanam berbagai macam tanaman, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya.

"Baik hidroponik yang menggunakan tanah, ataupun akuaponik semuanya organik InsyaAllah," kata Mark.

4 dari 6 halaman

Budidaya Akuaponik

kabar mark sungkar
Youtube/TV Tani Indonesia ©2020 Merdeka.com


Selain budidaya tanaman hidroponik, Mark Sungkar juga dengan bangga menunjukkan hasil budidaya akuaponik miliknya. Sistem tanam akuaponik sendiri merupakan rancangannya untuk mewujudkan konsep green homes pada hunian.

"Disinilah tempat saya beribadah, tempat saya menikmati hidup, berbagi karena semua yang saya lakukan ini tidak hanya untuk konsumsi sendiri tapi sebagai penelitian yang harus saya sampaikan saat saya mengajar," ungkap Mark.

5 dari 6 halaman

Memiliki Background Ilmu Pertanian

kabar mark sungkar

Youtube/TV Tani Indonesia ©2020 Merdeka.com


Ayah dari Shireen dan Zaskia Sungkar ini sebenarnya memang memiliki background di bidang arsitektur dan pertanian. Tak heran, jika kini budidaya akuaponik dan hidroponik miliknya bisa dibilang cukup berhasil. Sebagai seorang arsitek, Mark Sungkar mendirikan sebuah perusahaan bernama  PT. Green Homes Indonesia di tahun 2013 yang bergerak dalam bidang arsitektur dan rancang bangun rumah dengan konsep hijau.

Dan salah satu konsep green homes yang diwujudkannya dengan mengaplikasikan sistem akuaponik. Sebagai bentuk keseriusannya, ia pun terus melakukan riset dan penelitian terkait akuaponik hingga saat ini.

6 dari 6 halaman

Pernah Ikuti Pelatihan

kabar mark sungkar

Youtube/TV Tani Indonesia ©2020 Merdeka.com


Dilansir dari laman agromedia, Mark Sungkar sendiri pernah mengikuti pelatihan akuaponik bersama Murray Hallam di Brsibone, Australia. Ia juga pernah menjadi konsultan taman akuaponik di Hongkong pada tahun 2015.

Akuaponik sendiri adalah sistem produksi pangan revolusioner dengan membudidayakan ikan dan tanaman secara terpadu. Akuaponik merupakan “perkawinan” antara akuakultur atau budi daya perikanan dengan pertanian sistem hidroponik yang menggunakan prinsip bertanam tanpa tanah.

(mdk/khu)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami