Tolak Hadiah Umrah dari Polisi, Guru Madrasah Ini Lebih Mementingkan Anak Didiknya

Tolak Hadiah Umrah dari Polisi, Guru Madrasah Ini Lebih Mementingkan Anak Didiknya
Guru madrasah dapat hadiah umroh dari polisi. Youtube/PURNOMO BELAJAR BAIK ©2022 Merdeka.com
TRENDING | 11 Agustus 2022 11:04 Reporter : Khulafa Pinta Winastya

Merdeka.com - Seorang guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Lamongan, Jawa Timur menolak hadiah umrah dari seorang anggota polisi yang merupakan mantan muridnya.

Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan lantaran guru bernama Usrofi itu mengaku lebih memikirkan kepentingan anak didiknya di sekolah yang ia kelola.

Menurut Usrofi, dirinya mengaku belum siap untuk ikut ke Tanah Suci. Sebab, ada hal lebih penting yang harus ia lakukan demi membantu anak-anak di madrasah. Simak ulasannya:

2 dari 5 halaman

Polisi Beri Hadiah Umrah Mantan Gurunya

guru madrasah dapat hadiah umroh dari polisi

Youtube/PURNOMO BELAJAR BAIK ©2022 Merdeka.com

Melalui unggahan di kanal Youtube PURNOMO BELAJAR BAIK, seorang anggota Polres Lamongan bernama Purnomo membagikan video momen ketika ia menemui mantan gurunya di sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI). Purnomo menyebut, Usrofi merupakan sosok guru yang sangat berjasa baginya sejak kecil.

"Pak Usrofi ini mulai saya TK (ngajar) saya diajar sama pak Usrofi diantar beliau ke mana -mana, ngaji juga diantar beliau, dan perhatiannya luar biasa. Pak Usrofi guru yang sangat mewarnai hidup saya masalahnya beliau yang ngajarin saya akhlak," kata Purnomo. (mdk/khu)

Baca juga:
Perabotan Rumah Masih Mulus Dibuang & jadi Sampah, Auto Ingin Angkut Bawa Pulang
Ridwan Kamil-Istri Motoran Takjub Ketemu Tukang Becak Lakukan ini, Sampai Beri Amplop
Gaya Asyik Deolipa Yumara, Pengacara Bharada E Berambut Gondrong yang Juga Vokalis

3 dari 5 halaman

Sempat Menolak Hadiah Umrah

Karena kebaikan dan ilmu-ilmu tulus yang Purnomo dapat dari gurunya itu, ia pun mengaku selalu ingin membalasnya.  Dalam video, maksud kedatangan Purnomo sendiri ke sekolah lamanya itu untuk menanyakan alasan Usrofi menolak hadiah umrah yang sempat diberikannya.  

"Pak kenapa njenengan menolak pas saya kasih hadiah umrah?," tanya Purnomo.

Bukan tanpa alasan, Usrofi mengaku belum mau menerima tawaran pergi ke Tanah Suci lantaran menurutnya ada hal lebih penting yang harus ia urus. Ini berkaitan dengan kepentingan anak didiknya di sekolah madrasah yang ia kelola.

guru madrasah dapat hadiah umroh dari polisi
Youtube/PURNOMO BELAJAR BAIK ©2022 Merdeka.com

"Karena begini melihat kondisi pendidikan yang harus saya perjuangkan di sini masih panjang. Ini membutuhkan biaya yang sangat banyak. Bahkan saya setiap tahun untuk menyuplai madrasah ini bisa tumbuh itu setiap tahunnya Rp20 juta. Karena itu yang paling penting (sekolah) saat ini saya lihat," kata Usrofi.

"Untuk itu belum bisa menerima bukannya tidak menerima, belum bisa menerima saat ini untuk sampeyan ajak umrah. Karena hal terpenting yang harus saya tangani dengan serius adalah lembaga ini," tambahnya.

Baca juga:
Otak-Atik 'Hujan' Angka 8 untuk Prabowo, Sang Ajudan Panjatkan Doa
Mendadak Ada 'Konser' Musik di Rest Area, Satu Penyanyinya Mayor Jenderal TNI
Mengenal Deolipa Yumara, Pengacara Bharada E Bongkar Banyak Fakta Bikin Mahfud Kagum

4 dari 5 halaman

Purnomo Sebut Ingin Bantu Biaya Operasional Sekolah

Mendengar alasan dari gurunya itu, Purnomo kemudian berinisiatif ingin membantu memberikan biaya operasional untuk madrasah tersebut. Dengan catatan, setelah itu Usrofi bisa ikut dengannya ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah.

"Seumpama kalau untuk biaya operasional (MI) tahun depan saya bantu bapak mau berangkat umroh sama saya enggak? Soalnya saya penginnya berangkat umrah sama njenengan. Karena saya enggak bisa balas apa-apa," kata Purnomo.

Purnomo mengaku, ia sangat berharap bisa memboyong gurunya itu ke Tanah Suci sebagai bentuk balas budi atas kebaikan-kebaikan yang selalu diajarkan Usrofi selama ini.  

guru madrasah dapat hadiah umroh dari polisi
Youtube/PURNOMO BELAJAR BAIK ©2022 Merdeka.com

"(kebaikan) beliau ini benar-benar sampai hati. Bahkan sebelum saya jadi polisi saja dulu saya pernah diajarin baca doa iniini terus diajak ke Jombang. Makanya saya berharap tahun depan saya sama istri, sama anak-anak, sama njenengan juga kita berangkat nggih pak," tambah Purnomo sambil menghapus air matanya.

Mendengar niat tulus dari muridnya itu, Usrofi pun akhirnya mengiyakan ajakan Purnomo untuk ikut bersamanya ke Tanah Suci melaksanakan ibadah umroh.

5 dari 5 halaman

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini