Bank Mandiri Perketat Syarat Pembiayaan di Sektor Pertambangan dan Energi

UANG | 9 Desember 2019 19:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan terus mempertajam penerapan bisnis berbasis ramah lingkungan atau Mandiri Eco-Friendly. Untuk itu, perseroan akan memperketat syarat pembiayaan bagi pelaku usaha di sektor tambang dan energi.

"Syarat kita yang akan lebih ketat. Jadi kita enggak mau orang sembarangan cuma nambang ditinggalin. Kondisinya harus punya uang untuk reklamasi," kata Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri Royke Tumilaar di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/12).

Dia mencontohkan, Bank Mandiri akan memberi pembiayaan kepada pengusaha minyak sawit yang syarat kreditnya sudah memiliki sertifikat ramah lingkungan. "Kalau mereka mau ikutin kenapa enggak kita biayain. jangan terus dimatiin karenakan kekuatan ekonomi Indonesia sementara ini ada di situ," ujar Royke.

"Saya juga punya pemikiran untuk bantu pemerintah. Tapi kita ajarin nasabah supaya lebih eco-friendly dengan ikuti aturan-aturan yang tentu standar-standar itu sudah ada. Kami sudah kirim tim untuk pelajari dari luar bagaimana pelan-pelan Indonesia menuju pembiayaan yang lebih green banking," tambahnya.

1 dari 1 halaman

Syarat Sektor Tambang

Sementara untuk sektor tambang batu bara, Royke mensyaratkan pengusaha di sektor tersebut untuk mau melakukan reklamasi terhadap kegiatan pertambangannya.

"Kita coba CPO-nya oke yang sudah bersertifikat yang sudah ada izin-izin. Kalau misalnya coal itu reklamasinya juga harus jalan, bukan dibiarin aja bolong kayak gitu (tambangnya). Jadi kita syaratnya sudah ke arah yang lebih eco-friendly lah," pungkasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Ekonomi Global Melambat, Bank Mandiri Turunkan Target Pertumbuhan Kredit di 2020
Mandiri Berencana Akuisisi Bank di 3 Negara Asia Tenggara
Jadi Bos Baru Bank Mandiri, Ini Rencana Kerja Royke Tumilaar
Jadi Dirut Baru Bank Mandiri, Royke Fokus Perampingan Birokrasi dan Anak Usaha
Erick Thohir Angkat Royke Jadi Dirut, Saham Bank Mandiri Bergerak Menguat
Sepak Terjang Royke Tumilaar, Bos Baru Bank Mandiri

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.