Catat, Cara Elegan Minta Naik Gaji ke Perusahaan

Catat, Cara Elegan Minta Naik Gaji ke Perusahaan
Naik gaji. ©huffingtonpost.com
EKONOMI | 24 Desember 2021 06:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kenaikan gaji merupakan suatu hal yang diinginkan banyak orang. Namun, meminta naik gaji tidak mudah terealisasi. Hanya beberapa yang memiliki inisiatif untuk mendapatkannya.

Kebanyakan orang mungkin merasa tidak nyaman untuk meminta kenaikan gaji kepada atasan bahkan mungkin tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengajukannya.

Akan tetapi jika Anda yakin patut mendapatkan kenaikan gaji, sangat penting bagi Anda untuk membicarakan hal ini dengan atasan Anda demi peningkatan karier dan kebahagiaan hidup Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk bisa naik gaji yang pantas di tempat kerja dilansir dari Jobstreet.

2 dari 4 halaman

1. Pilih Waktu Tepat

waktu tepat rev1

Jika Anda membicarakan mengenai kenaikan gaji, penempatan waktu adalah segalanya. Tunggu hingga perusahaan secara keuangan sedang stabil atau sedang mengalami peningkatan keuntungan. Atau justru Anda baru saja berhasil membangun kerjasama atau menyelamatkan uang perusahaan.

Perhatikan kinerja tahunan perusahaan dan gunakan waktu sebelumnya untuk membicarakan dengan atasan Anda mengenai kenaikan gaji.

2. Persiapkan Secara Hati-Hati

Jangan pernah meminta kenaikan gaji tanpa menyelesaikan pekerjaan Anda terlebih dahulu. Beberapa perusahaan memiliki perhitungan khusus atau beberapa proses sebelum memberikan seorang karyawan kenaikan gaji.

Jika Anda merasa tidak mendapatkan gaji yang cukup dibandingkan dengan tanggung jawab di perusahaan lakukan penelitian mengenai besar gaji untuk posisi Anda melalui media online hingga Anda dapat memiliki dasar untuk meminta kenaikan gaji.

3 dari 4 halaman

3. Tunjukkan Berapa Nilai Anda Kepada Perusahaan

berapa nilai anda kepada perusahaan rev1

Jika Anda benar-benar menginginkan kenaikan gaji maka Anda harus meyakinkan perusahaan bahwa Anda memang berhak mendapatkannya. Jangan tunggu manager Anda untuk menunjukkan keberhasilan dan hasil yang telah Anda buat untuk perusahaan.

Selalu buat catatan mengenai hasil positif dan prestasi Anda untuk perusahaan, termasuk pencapaian target, kerjasama baru, dan peningkatan keuntungan. Yakinkan perusahaan bahwa Anda memiliki nilai lebih tinggi dari kenaikan gaji yang Anda minta.

4. Tunjangan Selain Gaji

Kenaikan gaji mungkin tidak selalu terwujud setiap saat Anda memintanya. Mungkin saja perusahaan memang tidak mampu memberikan gaji yang Anda minta saat ini. Sebelum melakukan pendekatan dengan atasan Anda, pikirkan juga bentuk insentif selain gaji yang dapat Anda ajukan seperti jam kerja fleksibel, tambahan waktu liburan, saham perusahaan atau tunjangan pendidikan dan pelatihan.

Insentif tambahan seperti di atas dapat menunjukkan bahwa Anda fleksibel dengan kebutuhan perusahaan dan akan membantu Anda untuk mendapatkan tunjangan yang Anda inginkan sambil menunggu waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji.

4 dari 4 halaman

5. Jangan Menunggu

menunggu rev1

Anda akan menunggu lama untuk mendapatkan kenaikan gaji jika Anda tidak memintanya. Duduklah bersama atasan dan sampaikan maksud dan tujuan Anda. Jangan hanya berbicara di belakang, sampaikan secara langsung apa yang menjadi keinginan Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Pertimbangkan kebutuhan perusahaan akan tetapi tetaplah percaya diri dengan permintaan kenaikan gaji Anda.

Meminta kenaikan gaji merupakan suatu hal yang rumit, jika Anda melakukannya dengan strategi yang tepat dan membicarakannya dengan atasan Anda mengenai nilai-nilai yang dapat Anda tambahkan di tempat kerja maka tentunya Anda dapat meyakinkan bos untuk memberikan gaji yang pantas kepada Anda.

Bayaran yang sesuai adalah salah satu hal yang dapat memberikan kontribusi terhadap kebahagiaan dan kesuksesan karier Anda. Jangan biarkan kesempatan mendapatkan kenaikan gaji lewat begitu saja.

  (mdk/bim)

Baca juga:
Revisi UMP DKI Jakarta Jadi Rp4,6 Juta Dinilai Tak Tepat, Ini Alasannya
Indosat Bubarkan IM2, Gaji Karyawan Masih Menggantung
Google Tak Naikkan Gaji Pegawai Meski Inflasi Tinggi di AS
Ganjar Perintahkan Bupati dan Wali Kota Perhatikan Gaji Guru Honorer
CEK FAKTA: Menelusuri Klaim Menaker Sebut Upah Indonesia Tertingggi
10 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Pendapatan Pekerja Rp859 Juta per Tahun
Menghitung Besaran Gaji Pilot Garuda Indonesia

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami