Dorong IKM, pemerintah siapkan penyertaan modal

Dorong IKM, pemerintah siapkan penyertaan modal
MS Hidayat. merdeka.com/dok
EKONOMI | 10 April 2012 14:21 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Pemerintah menandatangani perjanjian kerjasama dengan pengusaha untuk menyiapkan modal ventura (Venture Capital) bagi industri kecil dan menengah (IKM). Modal ventura merupakan investasi dalam bentuk pembiayaan penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. 

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengklaim, upaya ini sebagai bagian dari langkah pemerintah menumbuhkan wirausaha baru dengan cara yang sehat. Menurutnya, skema modal ventura sangat potensial mendorong peningkatan industri kecil. 

"Skema modal ventura ini sangat baik karena sudah terbukti di negara-negara maju bisa melahirkan industri-industri kecil mulai dari awal dengan cara yang sehat," kata MS Hidayat di Jakarta, Selasa (10/4).

Sebagai tahap awal, Hidayat ingin mengumpulkan 10 pengusaha sebagai modal awal. Harapannya, jika setoran awal bisa menembus Rp 3 miliar hingga 5 miliar, bisa menjadi source capital pertama sebelum nanti ditambah dengan pinjaman dari luar yang bunganya sangat murah.Dia menyadari, banyak IKM yang potensinya pendanaan lemah dan manajemen yang belum berjalannya baik. 

Setelah penandatangan kerjasama ini, lanjut Hidayat, pihaknya akan segera menyusun mekanisme penyaluran modal ventura ini. "Itu nanti teman-teman swasta saya bersama Dirjen saya akan membuat suatu mekanisme dan prioritas dari sektor-sektor IKM," tambah Hidayat.

 

(mdk/oer)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami