DPR Harap Pembentukan SugarCo Bisa Tekan Impor Gula Konsumsi

DPR Harap Pembentukan SugarCo Bisa Tekan Impor Gula Konsumsi
Gula. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Gayvoronskaya_Yana
EKONOMI | 20 September 2021 12:58 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III atau PTPN Grup mengusulkan pembentukan Sugar Company (SugarCo) yang merupakan entitas tunggal (single entity) dari 35 pabrik gula (PG) milik PTPN Grup. SugarCo nantinya akan menjalin kerja sama dengan Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA).

Selain itu, PTPN Grup juga akan menggandeng investor dalam maupun luar negeri untuk mendapatkan pendanaan dalam pembangunan PG baru maupun merevitalisasi PG yang sudah ada. Upaya itu dilakukan agar Indonesia bisa memenuhi target swasembada gula konsumsi pada 2025.

Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal berharap pembentukan SugarCo dapat meningkatkan produksi gula dalam negeri. Sehingga, nantinya Indonesia terbebas dari impor gula.

"Tujuan pembentukan SuperCo meningkatkan produktivitas gula PTPN menjadi 2 juta ton 2025 sehingga tak lagi impor gula konsumsi," kata Hekal dalam rapat dengar pendapat dengan PTPN grup, Jakarta, Senin (20/9).

Pembentukan SugarCo juga diharap bisa meningkatkan lapangan kerja di Indonesia. Selain itu, jufa diharapkan bisa menambah pendapatan pajak bagi negara. "Meningkatkan lapangan kerja baru dan mendapat pemasukan pajak bagi negara dan mengurangu ketergantungan gula impor," jelasnya.

Sementara itu, menurut laporan yang diperoleh oleh DPR, rencana ini dilakukan dalam rangka restrukturisasi bisnis gula PTPN. "Rencana ini dilakukan dalam rangka restrukturisasi bisnis gula PTPN grup yang ditujukan untuk kemperbaiki kinerja operasional. Dan memperbaiki swasembada gula nasional," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Berusia Seabad, Kereta Lori Pabrik Gula Tasikmadu Tetap Bertenaga
Mengenal Lori Tebu Tasikmadu, Kereta Warisan Raja yang Masih Perkasa
Cerita Erick Thohir Rindu Indonesia Jadi Eksportir Gula Dunia
Wajib Tahu, Ini Deretan Buah dengan Kandungan Gula Paling Tinggi
5 Resep Jamu Sinom yang Enak dan Sehat, Mudah Dibuat
Kenali Perbedaan Brown Sugar dan Gula Aren, Jangan Sampai Tertukar

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami