Erick Thohir: BUMN Terus Buka Lowongan Kerja untuk Masyarakat

Erick Thohir: BUMN Terus Buka Lowongan Kerja untuk Masyarakat
Erick Thohir. istimewa ©2022
EKONOMI | 27 Mei 2022 11:30 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan bahwa perusahaan BUMN terus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pengisian lowongan kerja ini baik melalui rekrutmen maupun melalui berbagai program BUMN.

"BUMN terus membuka lapangan pekerjaan. Bukan hanya melalui rekrutmen, juga melalui berbagai program," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Jumat (27/5).

Menurut Erick Thohir, transformasi sebagai sebuah usaha itu harus berkelanjutan. Karena itu, lanjutnya, sejak awal BUMN ada leadership muda.

"Sebenarnya perekrutan BUMN itu bagian dari strategi besar jumlah daripada milenial BUMN yang melek teknologi kita harus dorong sampai 20 persen," kata Erick Thohir,

Erick Thohir juga menambahkan sebenarnya lapangan pekerjaan yang besar program-program BUMN yang lebih besar lagi dari perekrutan ini. Salah satunya PNM Mekaar yakni program ultra mikro, pinjaman ibu-ibu di desa.

"Saat pandemi Covid-19, bertambah nasabahnya 7,1 juta orang, dan yang menarik mereka masing-masing mempekerjakan 1 orang. Berarti ibu-ibu itu saat COVID-19 membuka lapangan kerja sampai 7,1 juta," ujar Erick Thohir.

2 dari 2 halaman

Buka Lapangan Kerja Lebih Luas

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan program-program dari perusahaan BUMN berperan penting dalam pembukaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas.

Menurut Erick, ketika Kementerian BUMN melakukan konsolidasi transformasi dalam penyelesaian bagaimana solusi untuk UMKM, dengan menggabungkan BRI, Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani atau PNM, di situlah Kementerian BUMN melihat juga program-program ini bisa mendorong pembukaan lapangan kerja secara masif.

Erick Thohir juga mengatakan, program-program BUMN harus dekat dengan rakyat dalam rangka penciptaan lapangan kerja dan usahawan muda.

Sebagai solusinya, BUMN memiliki program yang harus dekat dengan rakyat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan wirausaha muda, seperti Mekaar, Pertashop, dan BRILink. (mdk/idr)

Baca juga:
Penggabungan Pelayanan Asabri dan Taspen Kini Ada 6 Titik, Cek Detailnya
Turun 50 Persen, Santunan Kecelakaan Jasa Raharja Capai Rp44 M di Musim Mudik Lebaran
Libatkan Puluhan Influencer, Pegadaian Gelar Webinar Kesempatan Emas di Era Digital
Mudik Lebaran 2022 Kerek Pendapatan Tol Hingga 28,1 Persen
Erick Thohir: BUMN Komitmen Bangun Industri Dalam Negeri
Sahroni: InsyaAllah BUMN Support Formula E

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami