Menko Airlangga Soal Ekonomi di Masa Pandemi: Kita Melihat Ada Cahaya di Ujung

Menko Airlangga Soal Ekonomi di Masa Pandemi: Kita Melihat Ada Cahaya di Ujung
UANG | 3 Juli 2020 21:22 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan ketidakpastian ekonomi global akibat pandemi Covid-19 mulai menurun. Hal itu ditandai seiring pasar keuangan di Juni 2020 perlahan bergerak naik.

Dia mengatakan, dari segi kinerja pasar uang dan saham, relatif mengalami penguatan atau masuk di zona Rp14.400 dan IHSG hampir menyentuh 5.000. Peningkatan itu artinya sektor keuangan dan saham mempunyai outlook positif dari pelaku pasar.

"Sektor-sektor yang turunnya dalam sudah ada kenaikan ini juga sudah mendorong bahwa kita melihat ada cahaya di ujung," kata dia dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (3/7).

Di samping itu, capital outflow sudah perlahan mulai menurun. Sementara, dana asing yang masuk atau capital inflow kembali mengalir masuk ke Indonesia baik dalam bentuk obligasi maupun bentuk saham.

"Dan pemerintah kemarin mengeluarkan Sukuk maupun Green Bond yang dua-duanya disambut positif seluruhnya," kata dia.

Tak sampai di situ, indeks manufaktur Indonesia atau PMI juga sudah dalam posisi baik di 39,1. Meskipun angka tersebut dianggap masih pada level kontraksi atau kurang dari 50.

"Kalau kita lihat dari PMI kita sudah ada lompatan dengan normal yang kemarin sudah turun ke level 28 sekarang sudah naik ke 39 walaupun belum level di atas 50," tandas dia.

Baca Selanjutnya: Virus Corona Timbulkan Ancaman Inflasi...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami