Pemerintah optimis target pengembangan koperasi tercapai

Pemerintah optimis target pengembangan koperasi tercapai
Pengrajin Batik. merdeka.com/Merdeka.com
EKONOMI | 6 Juni 2012 22:47 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Syarif Hasan mengatakan, tahun ini pemerintah mematok target lahirnya 200.000 unit koperasi di seluruh Indonesia. Pihaknya optimis target tersebut akan tercapai. 

"Sekarang ini hingga akhir Mei sudah ada 192.000 unit koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi hingga akhir 2012 nanti tentu akan tercapai 200.000 unit," kata Syarif di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/5).

Sesuai dengan tema pembangunan dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2013, kata dia, Kemenkop UKM berupaya memperkuat perekonomian domestik. Khususnya bagi peningkatan dan perluasan kesejahteraan rakyat melalui usaha kecil. Terlebih, UKM diakui sebagai kekuatan penopang perekonomian saat krisis.

"Program-program kegiatan kami lebih diarahkan pada peningkatan daya saing Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM), penyerapan tenaga kerja dan mengurangi tingkat kemiskinan," papar Syarif.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam RAPBN tahun 2013 terkait rancangan awal RKP, pagu indikatif Kemenkop UKM ditetapkan sebesar Rp 1,766 triliun. Alokasi ini akan digunakan untuk akselerasi pemberdayaan koperasi dan UMKM. "Seperti penanggulangan kemiskinan di daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan pasca konflik," tambahnya.

(mdk/oer)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami